Aksi Demo Selama 2 Hari 1 Malam,Aktivitas Perusahaan Industri Lubuk Gaung Lumpuh Total


Wasiatriau.com – Gabungan dari sejumlah organisasi pemuda dan masyarakat Dumai adakan aksi demo selama dua hari 1 malam sempat menggeger pihak pihak perusahaan.Pasalnya mobil yang mengangkut CPO perusahaan industri Lumpuh total. Demikian pantauan awak wasiatriau.com dilokasi aksi berlangsung.

Ratusan mobil CPO antri berjejer disepanjang jalan, mulai dari simpang 4 TPI sampai ke bukit timah, ditaksir antrian mobil cpo macet hampir puluhan kilometer Kenapa tidak, sebab selama dua hari itu mobil CPO tersebut tidak bisa beroperasi karena terjebak aksi demo.

Aksi Demo damai dimulai Selasa dan Rabu (18-19/09/2018) sempat menyandera bus karyawan saat bus tersebut melintas di titik aksi demo di simpang 4 TPI purnama,

Dalam orasi aksi demo menuntut agar pihak perusahaan ikut serta bertanggung jawab kerusakan jalan lintas raja Ali haji purnama sebab mobil CPO perusahaan itu menyebabkan jalan cepat rusak, karena mobil CPO tonase tinggi tidak seimbang bobot jalan yang ada.

Salah satu masyarakat purnama Kasim mengatakan bahwa jalan Raja Ali Haji purnama ini sudah tidak pantas lagi dilewati mobil CPO karena kondisi jalan sempit sehingga setiap hari macet. Ujar beliau.

Apalagi bodi jalan sudah banyak yang rusak, banyak lobang yang menganga. Katanya lagi sering terjadi kecelakaan dan tak jarang memakan korban jiwa.

Yang paling merisaukan katanya bagi orang orang tua saat anak – anak mereka pulang dan pergi ke sekolah, perasaan orang tua jadi tidak tenang Sebab untuk sampai ke sekolah anak mereka melalui jalan lintas yang ekstra sibuk ini. Ungkap kasim disela sela suasa aksi demo tersebut.

Tuntutan aksi demo itu meminta jalan Raja Ali Haji diperbaiki dan mereka minta pihak perusahaan ikut bertanggung jawab.

Selama 2 hari satu malam aksi demo disimpang 4 TPI purnama sempat menjadi pusat perhatian warga yang kebetulan melintasi jalan tersebut. Namun dengan kesigapan pihak polisi dan dinas perhubungan mengatur arus lalu lintas,sehingga arus lalu lintas tetap berjalan lancar cuma mobil Tanki CPO perusahan macet total

Berdasarkan pantauan, Suasana aksi Demo juga terkesan berjalan aman dan tertib, karena masing – masing komunitas dikoordinir oleh seorang koordinator untuk mengatur kelompoknya, mereka saling bergantian berorasi diatas mobil pick up dengan tertib dan terarah.

Meskipun terlihat letih para aksi Demo tetap bersemangat patriot menyuarakan aspirasi menuntut hak hak masyarakat. Dan Mereka bertekad tidak akan beranjak jika aspirasi mereka tersebut tak digubris,Semakin lama mereka berorasi suara mereka tetap kuat dan lantang menyuarakan” kami minta pihak perusahaan untuk memperbaiki jalan kami yang rusak”,ujar salah satu orator aksi dengan semangat mudanya.

Akhirnya suara mereka digubris, berkat kerjasama semua pihak turut berpartisipasi berperan serta menjembatani aspirasi para pemuda tersebut, setelah digelar dialog antara para pihak terkait dan menghasilkan kesepakatan fakta integritas yang ditandai tangani bersama.

Pihak pihak yang turut menanda tangani, disepakiti oleh PT. SDS PT.IMT, PT, ESM, PT, IBP, PT,MSSP PT, Semen Padang, PT, PII, PT,SAP juga turut disaksikan oleh LAMR kota Dumai, Kapolres Dumai dan gabungan aksi demo damai turut menurunkan tandatangan,antara lain Gempur,Geramm,KNPI,PMII, KAMMI, HMI,IPDK,Pekat,LPI dan gabungangn mahasiswa Dumai, BEM Dumai, BEM IAI TF, turut serta hadir PUPR Provunsi Riau .

Beberapa poin yang dituangkan dalam rilis fakta integritas yaitu ; 1. pihak perusahaan, kami pihak perusahaan yang berada wilayah kecamatan sei sembilan bersedia memperbaiki dan merawat terhadap jalan lintas kelurahan purnama kec sei sembilan akan kami perbaiki.

Poin 2, Dinas perhubungan kota Dumai akan melaksanakan tugas melakukan penertiban over muatan serta over dimensi seperti yang telah diamanahkan pada undang-undang No22 tahun 2009, peraturan pemerintah No. 80 tahun 2012 dan surat Dirjen perhubungan darat No. AJ.404/I/DRJD/VII/2018.

3. Dinas PUPR Dumai melakukan pengawasan teknis pembngunan perbaikan terhadap jalan rusak dilintas kelurahan purnama, kec sungai sembilan.

3. Seluruh elemen masyarakat, organisasi pemuda, organisasi kemasyarakatan dan organisasi kemahasiswaan, sebagai sosial control dan pengawasan terhadap pelaksanaan perbaikan jalan yang rusak oleh perusahaan dan penertiban terhadap kandaraan yang melintas yakni over muatan dan over dimensi.

Setelah hasil kesepakatan fakta integritas ditanda tangani oleh para pihak, personil aksi demo membubarkan diri dengan tertib dan mereka juga membersihkan lokasi titik kumpul.

Aksi demo yang tergabung dari pemuda intelektual dan kreatif tersebut dapat dijadikan contoh bagi penggiat,kenapa tidak,sebab mereka menyuarakan aspirasi masyarakat dilaksanakan penuh semangat juang, meskipun aksi dijalanan, siap bermalam dalam tenda dan dengan perlengkapan seadanya, mereka tetap setia dan bersatu menjaga kekompakanya, dan mereka tetap konsisten tidak beranjak dari tempat berkumpul sebelum apa yang menjadi tema tuntutanya terpenuhi oleh pihak yang bersangkutan. Demikian pantauan media wasiatriau.com dilokasi aksi demo.(aba)