Pondok Pasantren Modern Nutrul Hidayat Akan Menggelar MTQ ke XII, Ajak Ummat Berpartisipatif

Ilustrasi Astaka MTQ

Wasiatriau.com ( Bengkalis ) – Allah SWT., berfirman dalam Al-qur’an Surah Al-Baqarah ayat 261, yang artinya “Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugrah-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Kemudian, dalam Surah Al-Hadid ayat 18, Allah SWT, mengingatkan, “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Sesuai kalam Allah SWT., sempena Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XII antar santri se-Pondok Pesanteran Modern Nurul Hidayah, Desa Pasiran, Kecamatan Bantan, panitia pelaksana membuka kesempatan dan pintu selebar-lebarnya bagi umat Islam dimana pun berada, khususnya di Kabupaten Bengkalis yang memiliki kelebihan rezeki dan ingin berpartisipasi menyukseskan helat tersebut.

Sebagaimana disampaikan Ketua Pelaksana MTQ XII tersebut, Dandi Kurniawan, salah satu bentuk dukungan yang mereka harapan dari siapapun yang ingin bersedekah adalah sumbangan hadiah atau door price untuk kegiatan lomba.

Adapun door price dimaksudnya itu adalah kain sarung (30 lusin), jilbab wolfis (30 lusin), mukena (10 lusin), sajadah (10 lusin), tas ransel (10 lusin) dan buku tulis (60 lusin).

Bagi yang ingin bersedekah untuk door price dimaksud dapat langsung menghubungi Dandi Kurniawan di handphone Nomor 082286642181 atau Nurjannah di telepon seluler Nomor 0823 86361051.

Sebagaimana sudah diinformasikan sebelumnya, sempena Milad (Ulang Tahun) ke-30, sebanyak 23 kafilah dan 587 santri Pondok Modern Nurul Hidayah akan ikuti MTQ XII antar pondok tersebut.

Kegiatan yang mengambil tema ‘MTQ Sebagai Penanam Jiwa Qur’ani, Membentuk Santri Cinta Al-Qur’an dan Mengamalkan dalam Kehidupan’ tersebut, bakal ditaja 10-13 September 2018 mendatang.

Sedangkan tempat pelaksanaannya di lapangan utama Pondok Modern Nurul Hidayah, jalan Rajimun, Desa Pasiran, Kecamatan Bantan.

Ketua panitia pelaksana MTQ yang sifatnya internal itu, Dandi Kurniawan bersama Sekretaris Nurjannah menjelaskan, ada 9 cabang yang akan diperlombakan.

Yakni, Cabang Tilawah Al-Qur’an yang terdiri dari golongan remaja, murotal dan al-barzanji. Masing-masing peserta untuk ketiga golongan tersebut sebanyak 23 orang putra dan putri.

Kemudian, cabang Syahril Al-Quran dan Fahmil Qur’an. Seperti Syahril Al-Quran, cabang ahmil Qur’an akan diikuti 69 peserta atau 23 regu.

Selanjutnya, cabang tafsir Qur’an dengan 23 peserta. Lalu, cabang Hifzil Qur’an untuk 1, 3 dan 3 juz. Masing-masing peserta untuk cabang Hifzil Qur’an 1, 3 dan 5 juz ini sebanyak 23 peserta.

Cabang berikutnya adalah M2IQ (Musabaqah Menulis Ilmiah al-Qur’an) dengan peserta 23 orang. Seterusnya, cabang Khat Al-Qur’an yang terdiri dari golongan Mushaf, Kontemporer, Naskah dan Dekorasi yang masing-masing golongan akan diikuti 23 peserta.

Sementara 2 cabang terakhir adalah Rebana dan Nasyid. Peserta untuk Rebana dan Nasyid ini masing-masing 11 dan 12 regu.

“Peserta MTQ ke-XII ini adalah santri dan santriwati Pondok Modern Nurul Hidayah yang terdiri dari 23 kafilah,” ujar Dandi Kurniawan dan Nurjannah melalui Surat No 03/MTQ/PM-NH/IX/2018 yang diterima Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis.

Ke-27 kafilah yang mereka maksudkan itu adalah kafilah Abu Bakar Siddik, Umar bin Khattab, Ali bin Abi Thalib, Zubair bin Awwam, Sholahuddin al-Ayyubi, Khalid bin Walid, Thorik bin Ziad, Amru bin ‘Ash, Darul Mujadid 1, Darul Mujadid 2, Darul Mujadid 3, dan Darul Mujadid 4.

Kemudian, Aisyah, Maryam, Khodijah, Fatimah, Azzahra, Syafa, Marwa, Masyitoh, Khumairoh, Musholla 1 dan Musholla 2.

Masing-masing peserta untuk kafilah 12 pertama (Abu Bakar Siddik sampai Darul Mujadid) sebanyak 22 orang.

Sedangkan untuk 11 terakhir (Aisyah sampai Musholla 2), masing-masing sebanyak 29 peserta.

“Total keseluruhan peserta MTQ ke-XII ini sebanyak 587 orang,” terang Dandi Kurniawan dan Nurjannah dalam surat tersebut, seraya menambahkan bahwa panitia kegiatan MTQ ke-XII tersebut adalah majelis guru dan santri kelas V KMI (Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah) Pondok Modern Nurul Hidayah. ( Rilis Diskominfotik Bengkalis ) aba