DPC PWRI Dumai Hari Ini Resmi Dilantik dan Dibekali Pengetahuan Jurnalis


Wasitriau.com- Dewan Pimpinan Cabang, Persatuan wartawan Refublik Indonesia ( DPC PWRI ) kota Dumai hari ini secara resmi dilantik oleh DPP PWRI pusat, Rabu (10/10/2018) di gedung Sri Bunga tanjung pendopo.

Pelantikan pengurus DPC PWRI kota Dumai berlangsung penuh hikmat. Kenapa tidak, sebab dari untaian acara, ternyata pengurus yang telah dilantik juga dibekali dengan pengetahuan jurnalistik.

Sekretas Jendra DPP PWRI pusat Zulfikar Taher. Menerangkan Pembekalan terhadap pengurus PWRI merupakan sebuah sistem DPP PWRI dalam rangka untuk menambah wawasan anggota PWRI sebagai jurnalis. Katanya ada 3 langkah yang harus dilalui oleh seorang jurnalis, antara lain pendidikan, Pengetahuan dan teknik membuat berita, sehingga seorang wartawan tersebut bisa membedakan sebuah peristiwa dan berita.

Gara gara seorang jurnalis tidak memiliki pengatahuan dan tidak mau belajar, akhirnya banyak para wartawan terjerat masalah hukum,saat ini ada puluhan para wartawan terjerat hukum, kasus yang menjerat mereka masalah it imbuh beliau lagi, Malah mereka sering diremehkan orang lain, karena wartawan tersebut tidak memiliki ilmu pengetahuan

Apalagi seorang jurnalis itu tidak menguasai teknis mengolah sebuah berita, tentu dinilai tidak berkualitas dari sebuah berita Seperti dalam membuat judul sebuah berita. Membuat sebuah berita itu seperti Piramida. Maka judul berita juga menentukan nilai kualitas sebuah berita.Sebut wartawan senior tersebut.

Begitu juga pembekalan terkait management organisasi, karena sebuah organisasi tanpa dibekali pengetahuan maka kualitas dari sebuah organisasi tersebut tidak akan berjalan maksimal. Terang Zulfikar Taher.

Yang harus diperhatikan dalam sebuah organisasi itu pengaturan administrasi, fasilitas sekretariat harus ada sesuai kebutuhanya. Tidak harus mewah tapi ada dan harus ada piket menjaga kantor. Dibuatkan jadwal jaga, Anggota Pengurus bergantian menjaga. Ujar beliau betapa pentingnya kantor atau sekretariat tersebut.

Tambah beliau lagi, pembekalan pengatahuan dasar ini dijadikan pedoman didalam menjalankan profesi jurnalis. Ungkap beliau.

Masih berita yang sama, untaian acara pelantikan dimulai dengan tarian persembahan, merupakan suatu tradisi daerah Riau disaat mengadakan acara resmi, acara dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia raya dan himne PWRI dan kata sambutan dari panitia pelaksana, ketua DPC PWRI kota Dumai Ferry Widria.

Sekretaris Jenderal DPP PWRI pusat Zulfikar Taher dalam kata sambutannya mengucapkan selamat kepada DPC PWRI kota Dumai, semoga dapat menjalan kan roda organisasi dengan baik. Ujarnya

Turut hadir acara pelantikan DPC PWRI Dumai, Sekjen DPP pusat, DPW PWRI Provinsi Riau serta Walikota Dumai diwakili staf ahli Syamsuddin. ST. Kapolres yang diwakili, Kejari Dumai, Kepala Dinas perdagangan dan pasar dan Capil, sejumlah OPD turut hadir,dan sejumlah management Perusahaan BUMN dan Swasta, OKP, Ormas kota Dumai seperti pemuda panca sila dan beberapa personil organisasi lainya serta sejumlah tokoh masyarakat kot Dumai turut hadir.

Acara seremonial pelantikan DPC PWRI kota Dumai ditutup dengan pembacaan doa dan berpoto bersama. Demikian pantauan di gedung pandopo Dumai. (aba)