Hasan Sesalkan Dewan Dumai Kota, Tidak Turun Meninjau Saat Banjir Rob


WR.com – Terkait banjir rob yang merendamkan disejumlah titik pemukiman rumah penduduk di kota Dumai beberapa hari.sontak jadi sorotan masyarakat Dumai.

Kali ini sorotan datang dari salah seorang warga kelurahan Rimbas kampung Hasan, menyayangkan melihat anggota dewan,tidak ada seorangpun yang turun melihat kondisi banjir. Terutama dewan yang berasal daerah pemilihan Dumai kota. Ujarnya

Beliau mengatakan, seharusnya anggota dewan turun, ikut serta bersama sama warga kelurahan Dumai kota membongkar dan membersihkan draenase yang tersumbat. karena daerah ini kan daerah pemilihan mereka. Ujar Hasan setengah bertanya.

Jika anggota DPRD Dumai kota itu mau menganggarkan pokok pokok pikiran mereka diarahkan untuk pembangunan draenase dalam kota, secara otomatis juga dapat mengurangi permasalahan banjir dalam kota, imbuhnya lagi yang heranya,kenapa dana pokok pikiran anggota dewan itu untuk pembangunan fisik Dinas dinas, apakah anggota dewan resesnya di dinas dinas…?. Ujarnya agak sedikit bertanya.

Tambah beliau lagi disaat warga bergotong royong bersama sekda membongkar box cover draenase yang tersumbat,katanya lantaran saluran air tidak berjalan lancar karena tersumbat oleh box cover yang dibangun oleh pemilik ruko tersebut.Terang Hasan disela sela kesibukan warga gotong royong bersama Sekda membongkar box covert draenase jalan cempedak, Sabtu (13/10) kemaren.

Pemasangan Box cover draenase yang dibangun oleh pemilik ruko tidak diawasi instansi terkait dan akhirnya box cover tersebut jadi penghambat aliran air. Kenapa tidak, sebab sebelum di bangun fisik box cover, tidak dibongkar dan dibersihkan fisik bangunan box cover yang lama, langsung ditempel dengan yang baru. Ujar Hasan.

Sementara itu,katanya pasir yang mengendap sekian lama didalam parit tersebut tidak dibuang saat membangun fisik box cover yang baru. Terang beliau.

Berdasarkan pantauan di lokasi, Sekda terpaksa menurunkan satu unit alat berat eskavator untuk membongkar box cover di depan ruko jalan cempedak.

Pembongkaran box cover saat itu dipimpin langsung oleh sekda Dumai H.M. Nasir, didampingi Camat Dumai kota dan Lurah Rimbas kampung, pegawai Dinas PUPR kota Dumai serta ketua RT dan masyarakat setempat.

Saat pembongkaran berlangsung air banjir rob akibat tingginya curah hujan masih menggenangi sejumlah titik rumah penduduk di kelurahan Rimbas kampung,

Terlihat tumpukan pasir,sampah dan batu batu pecah menumpuk didalam parit yang menghambat aliran air. Setelah digali tempat yang tersumbat tersebut, aliran air dalam saluran draenase itu baru mulai tampak mengalir.

Gotong royong pembongkaran dan pembersihan draenase itu dilakukan serentak di beberapa titik lokasi banjir yang melanda kota Dumai, seperti kelurahan mundam,bumi ayu dan sejumlah tempat lainnya. (aba)