Pipa PT Pertamina RU II Dumai Bocor, Solar Masuk Parit Segera di Steril

Solar Bocor ke Parit, GM Pertamina RU Dumai Bungkam

Wasiatriau.com – Terkait dengan Kebocoran pipa PT Pertamina RU II Dumai- Sungai Pakning Pas di Jalan Janur Kuning kelurahan jaya Mukti Kota Dumai. Sabtu (29/09/2018) Sempat mengheboh kan warga Dumai. Pasalnya pipa BBM jenis solar telah tumpah ke dalam parit.

Pipa BMM yang bocor tersebut mengeluarkan cairan jenis solar, diketahui bahan bakar beracun (B3) jenis solar milik Pertamina RU II Dumai sungai Pakning itu diduga kuat kebocoran tumpah didalam parit dan dengan sendiri cairan tersebut meresap kedalam tanah.

Sedangkan bahan bakar (BBM), minyak solar itu juga termasuk kedalam salah satu daftar nama Bahan Beracun Berbahaya (B3), jika tumpah keatas tanah bisa langsung terkontaminasi media lingkungan dan bisa mencemari lingkungan hidup.

Diketahui kejadian kebocoran pipa BBM Pertamina RU II Dumai Berawal masyarakat mencium bau solar dari arah parit besar di Jalan Janur Kuning.

Setelah di cari asalnya ternyata benar ada solar menggenang di dalam parit.dan Bahkan sebagian solar sudah meresap ke tanah dekat pinggir parit.

“Awalnya kami mencium bau solar yang menyengat,setelah dicari kami menemukan genangan solar di dalam parit,” kata Ujang warga sekitar. ( dikutip dari trajunews.com )

Tidak lama kemudian terlihat petugas Pertamina menyedot minyak solar dari parit. “ Tapi namanya solar sudah masuk ke parit, mana bisa bersih semua,” tutup nya

Aktivis lingkungan hidup kota Dumai Anggara Andika Putra mengatakan, jika B3 masuk ke media lingkungan, maka secara aturan maka pihak perusahaan harus membersihkan media lingkungan tersebut. Ujarnya

“Akan tetapi kita belum bisa memastikan apakah solar yang bocor tersebut mencemari lingkungan atau tidak, namun yang jelas sudah terkontaminasi media lingkungan tersebut yakni parit,” jelasnya.

Solar masuk kategori B3 yang harus dikelola secara baik dan sesuai aturan,Untuk menentukan itu tercemar atau tidak tentu harus diambil sampel nya, terang pria yang memiliki sertifikasi Pengelolaan Lingkungan Hidup Kota Dumai tersebut.

Bidang kehumasan PT. Pertamina RU II Dumai Agustiawan, beliau membenarkan adanya bbm solar milik mereka yang lepas dimedia lingkungan.

“Iya pak benar itu milik kami, penyebabnya terjadi kebocoran pada sambungan kami. Untuk soal volumenya saya kurang jelas, namun kita saat ini sedang melakukan upaya steril di lokasi kejadian,” Jelas Agus. ( aba ).