Napak Tilas Sejarah Keturunan Marhum Pekan Ke Siak Dipimpin Tengku Ir. H. Amir Ahmad.


WR.com – Satelah menghadiri acara haul marhum pekan yang julung kali yang diselenggarakan LAMR kota Pekanbaru, Senin (19/11/2018) di halaman mesjid raya Nur Alam Pekanbaru.

Keturunan Marhum Pekan dari Brunai darussalam dan Dumai Riau, Selasa pagi ( 20/11) kemarin melakukan napak tilas sejarah ke kabupaten Siak.

Berdasarkan informasi dari salah seorang rombongan,bahwa Napak tilas sejarah yang mereka lakukan tersebut, pertama sekali mengunjungi Makam Raja Kecik di Buantan Siak. Ujarnya melalui watshapp.

Rombongan keturunan raja ke 5 tersebut langsung melanjukan perjalananya mengunjungi ke Makam Raja Buwang Asmara, raja Abdul Jalil Rahmat Syah I, di Mempura.

Diketahui setiap mengunjungi berziarah kesuatu makam, sudah menjadi tuntunan adat resam orang Melayu, terutama ummat yang beragam Islam umumnya, menjadi kewajiban membaca doa, minimal membaca alfateha, tanda penghormatan ahlul bait alhamarhum dan almarhumah.

Begitu juga para rombongan itu, Setelah prosesi pembacaan doa yang dipimpin H. Abdullah dari negara berunai Darussalam, dan dimulai dengan tahlilan, tahmid dan tahtim, dipidiahkan kepada Datuk nenek mereka yaitu para Raja dan kerabat kerajaan Siak Sri Indrapura, lalu Rombongan keturunan Raja ke 5 tersebut bergerak melanjutkan distinasi, perjalanan Napak tilas ke Istana Siak Sri Indrapura.

Masih ucapan beliau, rombongan keturunan Raja Muhammad Ali Abdul Jalil muazzam Syah raja ke 5 tersebut langsung dipimpin oleh Tengku Ir. H. Amir Ahmad.

Kunjungan ke kabupaten Siak Sri Indrapura, kemarin pada tanggal 20 November 2019 memberikan kesan tersendiri serta rasa haru dan bahagia pada seluruh keturunan Marhum Pekan, sebab inilah pertama sekali keturunan marhum pekan terutama dari negara berunai Darussalam, berziarah ke makam Datuk nenek moyang mereka, karena selama ini mereka hanya mendengar cerita dari Datuk nenek mereka di berunai bahwa ada keturunan mereka di Riau.

Alhamdulillah, hasrat yang selama ini terpendam dalam hati mencari zuriat keturunan mereka di negeri para raja yaitu Siak Sri Indrapura akhirnya hari ini terwujud juga.

mereka bersipuh didepan pusara para raja memanjatkan doa rasa suka cita, bersyukur kepada ilahi dapat dipertemukan kembali Dengan keturunan mereka, dan memohon kepada Allah SWT semoga almarhum almarhumah para kerabat mereka mendapat tempat yang mulia disisi Allah swt.

Dalam kesempatan itu pula. Di akhir perjalanan, keturunan Marhum Pekan yang dipimpin Oleh Tengku Ir.H.Amir ahmad menyempatkan diri berkunjung di kediaman ketua LAMR Siak Sri Indrapura, untuk bersilaturahim. kedatangan keluarga Marhum Pekan disambut hangat dan penuh suka cita oleh Ketua LAMR kabupaten Siak tersebut. Demikian informasi yang dapat dirangkum awak media, terkait laporan singkat prosesi Napak tilas sejarah keturunan marhum pekan di negeri para raja, Negeri Siak Sri Indrapura yang saat ini menjadi kabupaten Siak tersebut. (aba)