Pembentukan Laskar Hulubalang Melayu Riau (RMB – LHMR) Kecamatan Dumai barat Berlangsung Hikmat


WR.com – (DMI) Panglimo Laskar hulubalang Melayu Riau (LHMR) kota Dumai hari ini laksanakan pembentukan pengurus laskar tingkat kecamatan Dumai barat. Demikian pantauan awak media ditempat acara.kamis (15/11)

Pembentukan pengurus laskar hulubalang Melayu Riau tersebut yang dipimpin Panglimo Gedang berlangsung penuh hikmat dan meriah. Pasalnya organisasi Melayu yang cukup dikenal oleh masyarakat Dumai sudah lama ditunggu oleh pemuda Melayu. Terutama pemuda purnama dan sekitarnya.

Diketahui dalam untaian prosesi acara pembetukan pengurus laskar kecamatan Dumai barat terkesan meriah namun tetap menjaga tata krama budaya adat istiadat Melayu. sebab dari tata cara pemilihan tersebut dengan cara musyawarah dan mufakat, diketahui pemilihan dengan cara musyawarah itu merupakan tata cara yang dianut oleh orang orang Melayu itu sendiri.

Sebelum acara pemilihan ketua yang disebut dalam laskar yaitu temenggong, Ketua LHMR Dumai Panglimo Gedang menjelaskan secara singkat terkait fungsi dan tugas laskar untuk negeri ini.

Panglimo gedang menekankan setiap anggota Kader laskar itu harus kompak, ibarat sapu lidi, ” jika sebatang batang lidi tidak mampu membersihkan sampah, tapi jika banyak dan disimpul erat erat maka lidi lidi tadi bisa membersihkan kotor, jangankan membersih sampah, malah sapu lidi tersebut bisa mengangkat benda yang berat,” ujar Panglimo Gedang dengan penuh semangat memberi memotivasi pada kader laskar betapa pentingnya kelompokan dalam organisasi.

Panglimo gedang dan didampingi Panglimo Bungsu mengatakan, Anggota kader laskar itu harus siap dan peka terhadap kondisi lingkungan, karena laskar adalah organisasi benteng negeri. Kata beliau

Ujar panglimo gedang lagi, kita akan bentuk seluruh kecamatan yang ada di kota Dumai seperti kecamatan Medang Kampai dan kecamatan lainnya.

Masih ucapan Panglimo Gedang menyebutkan, anggota Laskar itu harus mampu menjaga Marwah, karena organisasi laskar sebagai benteng negeri menjaga Marwah Melayu. Ujarnya bertitah.

Disini lain, masih berita yang sama, pembentukan pengurus LHMR kecamatan Dumai barat tidak terlepas dari peran serta Panglimo bungsu, Jailani A.M yang akrab disapa Udo Jay. Sebab anggota Laskar yang berdomisili di kelurahan purnama dan yang akan dibentuk tersebut banyak yang direkrut oleh beliau. Malah beliau juga ikut merekrut calon anggota Laskar di kecamatan lainya.

Udo Jay menyebutkan, pengurus laskar kecamatan Dumai Barat sebenarnya sudah dari kemarin mau kita bentuk, namun karena kesibukan kegiatan laskar dalam beberapa hari belakangan ini, maka malam ini, Alhamdulillah baru terwujud. Ujarnya

Dalam Prosesi pemilihan, peserta rapat mengusulkan dan memilih salah seorang dari mereka untuk menjadi temenggong, dan secara musyawarah dan mufakat para peserta rapat menunjuk Andika Satria sebagai temegong RMB – LHMR dan musyawarah laskar kecamatan Dumai barat tersebut langsung menyusun struktur organisasi RMB LHMR Dumai barat.

STRUKTUR ORGANISASI
RMB-LHMR DUMAI BARAT

1. TEMENGGUNG
– ANDIKA SATRIA
2. KETUA I
– AHMADI
3. KETUA II
– SYAHRUL
4. SEKRETARIS
– ASRUL EFENDI
WAKIL SEKRETARIS
– ZAIDI
5. BENDAHARA
– KAHARUDIN
6. SATGAS
– M.FADILLAH
– HAMDANI
– SAIFUL KAMARUN Z
– RIAN IMANDA
– MALIK
– SAFI’I
– AZRI

Demikian pantauan awak media wasiatriau.com ditempat acara. (aba)