Kadis LH Bengkalis Targetkan 2019, Sampah Menjadi Nilai Ekonomis

Sampah jadi nilai ekonomis

Wasiatriau.com ( Bengkalis ) – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) H Arman AA menargetkan tahun 2019 ini sampah bisa berniali ekonomis.

“Tahun ini saya targetkan bagaimana dengan sampah bisa bayar listrik dan bisa isi pulsa,” ungkapnya saat acara syukuran usai Pawai Adipura, Senin, 21 Januari 2019.

Arman menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Bengkalis sudah memiliki bank sampah. Keberadaan bank sampah untuk membantu menangani pengolahan sampah dan menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih.

“Bank sampah kita ada di jalan Hasanuddin dekat Hotel Horizon. Biasakan memilah sampah karena barang-barang bekas itu bisa berguna misalnya botol, plastik, besi, koran dan sampah lainnya,” ajaknya.

Saat ini Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sudah over. Menurutnya dengan menabung sampah di bank sampah akan mampu mengurai penumpukan sampah di TPA.

“Mari manfaatkan bank sampah kita, karena saat ini sampah bisa dijadikan tabungan yang uangnya bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari,” imbaunya.

Direncanakan tahun ini Pemerintah akan membangun 2 bank sampah salah satunya di Desa Pedekik.

Arman berharap masyarakat lebih proaktif untuk memanfaatkan bank sampah. Sejak beberapa minggu lalu khusus staf DLH, Ia menginstruksikan untuk membawa sampah untuk ditabung.

“Setiap hari Selasa seluruh pegawai DLH harus bawa sampah untuk ditabung ke bank sampah. Mudah mudahan ini diikuti SOPD dan masyarakat. Mulai sekarang kita harus memanfaatkan sampah supaya dengan sampah bisa bayar listrik dan bisa isi pulsa,” paparnya. ( Rilis Diskominfotik Bengkalis ) aba