18 Kapal Nelayan Muara Baru Jakarta Ludes Terbakar

18 kapal nelayan muara baru jakarta terbakar

Wasiatriau.com ( Jakarta )- Sekali lagi masyarakat Jakarta dikejutkan dengan insiden kebakaran, terutama kaum nelayan, kenapa tidak, sebab dengan tiba tiba Sebanyak 18 Kapal Nelayan di Pelabuhan Muara baru ludes terbakar. Sabtu sore ( 23/02.2019 )

Masyarakat di sekitar Pelabuhan Muara baru langsung bergegas turut serta membantu memadamkan api saat melihat kebaran kapal nelayan sudah mulai membesar akibat dihembus angin.

Sejumlah kapal nelayan yang sedang bersandar di pelabuhan muara baru, pas di depan kantor Syahbandar, Penjaringan, Jakarta Utara tersebut tidak dapat diselamatkan, karena api semakin besar dan dengan cepat  merambat ke kapal sebalahnya,

Tak lama berselang, sekitar 19 mobil Damkar dikerahkan kelokasi kebakaran,  seramai 95 personil  pemadam kebakaran saat ini berujibaku memadamkan api yang memanggang kapal nelayan tersebut.

“Delapan belas kapal, (situasi) masih merah,” kata Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP), Satriadi, Sabtu (23/2/2019).

Informasi mengenai kebakaran ini sebelumnya diterima petugas sekitar pukul 15.19 WIB. Sempat terdengar suara ledakan dari kapal yang terbakar.

“Keterangan, 15.44 WIB terjadi ledakan dari objek kebakaran,” imbuhnya.

Belum diketahui ada-tidaknya korban akibat kejadian ini. Belum ada laporan juga soal penyebab kebakaran.

Berdasarkan informasi yang dapat dirangkum wasiatriau.com, sebelumnya juga  telah beberapa kali insiden kebakaran kapal nelayan yang sedang bersandar, seperti  Sebuah kapal nelayan, Kapal Motor (KM) Friends terbakar habis saat bersandar di dermaga Pelabuhan Perikanan Mayangan (PPM), Kota Probolinggo, Minggu, 14 Oktober 2018 siang. Penyebab terbakarnya kapal asal Tanjung Balai, Sumut yang sedang bongkar muat itu belum diketahui. dan Sebanyak lima kapal nelayan berukuran 150 GT yang bersandar di Sungai Loji, Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, terbakar, Senin (17/9/2018) sore.  Satu unit kapal nelayan terbakar di Desa Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh, Aceh, Jumat (1/2/2019) malam.

Peristiwa yang menghanguskan kapal kayu KM. Laskar Mina Malahayat (Kucing Beranak) itu terjadi pada pukul 20.15 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek mengatakan, berdasarkan informasi yang diterima dari Pusdalops BPBD Banda Aceh, bahwa penyebab kebakaran karena diduga ada arus pendek listrik pada kapal.

“Kebakaran disebabkan oleh arus pendek listrik berasal dari mesin kapal motor tersebut,”

Sebuah kapal nelayan di Tegal, Jawa Tengah hangus terbakar saat hendak melaut. Kebakaran terjadi diduga akibat korseleting listrik saat para pekerja sedang memperbaiki mesin pendingin kapal.

Sejumlah nelayan yang berada di kawasan pesisir pantai Desa Bulumeduro, Kecamatan Bancar, Kabupaten, Tuban digegerkan dengan adanya kapal yang terbakar, Kamis (7/1/2019) dini hari.

Sedikitnya ada tiga kapal motor milik nelayan yang sedang bersandar di pelabuham TPI Bulu, Kecamatan Bancar,  yang terbakar. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. ( aba )