2 Dari 6 Mahasiswa Polbeng Akan Magang di Filipina

2 mahasiswa polbeng magang ke filipina

Wasiatriau.com ( Bengkalis ) – South East Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO)  kembali melaksanakan Students Internship Exchange Programme (SEA-TVET) atau program pertukaran mahasiswa magang antar perguruan tinggi di kawasan Asia Tenggara untuk tahap ketiga.

Program ini akan berjalan selama lebih kurang sebulan dimulai 7 Februari hinga 20 Maret mendatang.

Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) akan mengirim enam orang mahasiswa dari beberapa program studi untuk berpartisipasi dalam program ini. Dari keenam peserta, dua diantaranya akan magang di Tarlac Agricultural University, Filipina.

Kemudian tiga orang di Politeknik Sultan Azlan Shah, Malaysia dan satu orang di Duy Tan University, Vietnam.

Keberangkatan ke enam peserta tersebut dibagi menjadi tiga Gelombang yakni tujuan ke Filipina berangkat pada tanggal 7 Februari, Malaysia tanggal 9 Februari serta ke Vietnam tanggal 18 Februari mendatang.

Untuk diketahui, program pertukaran mahasiswa magang ini merupakan salah satu program yang disepakati dalam pertemuan perwakilan berbagai perguruan tinggi di Asia Tenggara pada bulan Oktober 2018 lalu.

Selama lebih kurang sebulan, mahasiswa yang menjadi peserta program akan diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman magang di luar negeri. Selain di perguruan tinggi tujuan, mahasiswa juga akan menuntut pengalaman di perusahaan/industri yang telah bekerjasama dengan perguruan tinggi.

M. Alkadri Perdana yang merupakan koordinator program (SEA-TVET) mengatakan sebelum berangkat, mahasiswa masing-masing perguruan tinggi telah melewati beberapa tahapan seleksi di tingkat jurusan sebelum diserahkan kepada koordinator program untuk diteruskan ke kantor pusat pelaksana program.

“Biaya selama magang akan sepenuhnya ditanggung oleh mahasiswa dan pihak kampus hanya menyediakan tempat tinggal dan penjemputan dari bandara serta kegiatan pengenalan budaya saat pelaksanaan magang,” kata Alkadri Perdana yang merupakan dosen Bisnis Internasional sekaligus staf Kantor Urusan Internasional Polbeng.

Selanjutnya Alkadri berharap kerjasama ini akan terus ditingkatkan dan terus dikembangkan sehingga kedepan akan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. ( Rilis Diskominfotik Bengkalis ) aba