Kelurahan Dumai kota Gelar Acara Lomba Bulan Bakti Gotong Royong


Wasiatriau.com – Kelurahan Dumai kota menggelar acara dimulainya penilaian bulan bakti gotong royong.( BBGrm) selasa (11/02/2019)) di halaman kantor kelurahan Dumai kota.

Acara BBGRm dihadiri walikota Dumai diwakili Pj sekda Dumai H. Hamdan Kamal, Ketua Tim PKK kota Dumai Hj Haslinar, Camat Dumai kota Agus Gunawan, Muspika, Lurah Se kecamatan Dumai kota, Ketua LPMK, Nurdin Efendi, Ketua UEK SP Dumai kota Irham hadi, Ketua RT se kelurahan Dumai kota, dan Humas PT Pelindo I cabang Dumai Yopi, GM hotel Comforta serta bank riaukepri Dumai.

Turut hadir personil Tim panitia penilaian BBGrm yang dipimpin Dona Fitriani dan didampingi anggota tim penilaian Yuda yang diwakili oleh Ibuk Sri, personil tim ekonomi UEK – SP Sortasi Diana, keagamaan, kesehatan Ustadz Muhammad Fadli, dan partisipasi masyarakat Armando dan personil lainnya.

Kelurahan Dumai kota mewakili kelurahan lainnya di kecamatan Dumai kota sebagai peserta lomba BBGrm.

Ketua Tim seleksi penilaian Dona Fitriani menyampaikan disela sela pidato beliau,kegiatan lomba BBGrm tersebut berdasarkan Permendagri nomor 42 tahun 2005

Beliau menjelaskan indikator penilaian lomba BBGrm tersebut dari Lingkungan, sejauh mana kekompakan masyarakat dan sisi ekonomi, menilai kemajuan UEK SP Kelurahan, Koperasi, bidang keagamaan, kesehatan dan serta dibidang Partisifasi masyarakat, smart sosiaty, sejauh mana dari partisipasi masyarakat dan pihak perusahaan swasta dan BUMN mendukung program BBGRm itu. Ujarnya

Nama nama persolan tim nilai lomba BBGrm, ketua tim Dona Fitriani,bidang lingkungan Yuda, bidang ekonomi Sortasi Diana, bidang keagamaan, kesehatan Ustadz Muhammad Fadli, bidang partisipasi masyarakat Armando

Penilaian lomba BBGrm objektif dan sistem berjenjang, malai dari tingkat kabupaten kota, bagi para pemenang akan diperlombakan tingkat provinsi Riau, lalu akan dilombakan di tingkat nasional. Jadi tidak ada yang fiktif dalam penilaian lomba, tim penilaian juga menilai kegiatan – kegiatan selama dua tahun sebelumnya.

Dumai kota merupakan salah satu kelurahan yang ikut lomba BBGrm mewakili kecamatan Dumai kota dan kecamatan Dumai kota merupakan yang ke 6 melaksanakan penilaian lomba bggmr tersebut.

Penilaian lomba bggmr rencana akan diumumkan pada bulan Mei, karena bulan bakti lahirnya pada bulan Mei. Ditingkat nasional akan dilaksanakan di provinsi Bengkulu. Terang Dona.

Ketua Tim PKK kota Dumai Hj. Haslinar disela sela pidato beliau mengharapkan kader PKK lebih aktif lagi berkoordinasi dengan lintas sektor. Ujarnya dihadapan kader PKK kelurahan Dumai kota

Walikota Dumai yang diwakili Pj Sekda Dumai H. Hamdan Kamal, sebenarnya dari dulu sudah ada, namanya lomba karya bakti tapi sekarang telah berobah menjadi bggmr.

Banyaknya CSR yang mengalir ke kelurahan Dumai kota tersebut merupakan Partisipatif terutama dari PT Pelindo I cabang Dumai, Perhotelan dan pihak lain yang mendukung kegiatan Kelurahan Dumai kota merupakan suatu prestasi. Ujarnya

Beliau menambahkan nantinya ada anggaran dari APBN untuk kegiatan tersebut melalui dana alokasi umum tambahan, dana tersebut khusus untuk kegiatan lingkungan seperti membangun fisik gang kecil di lingkungan warga, tidak lagi menggunakan dan APBD terang Hamdan Kamal

Program kota yang ditingkatkan seperti kebersihan, Kamtibmas, kesehatan,ekonomi dan draenase bukanlah masalah lahan karena ini daerah kota.

Luar harus menggerakkan tentang ekonomi, seperti uek sp dan kebersihan lingkungan.

Kelurahan Dumai kota pernah menjadi juara, lanjut beliau lagi, Mempertahankan memang sulit, namun semangat kebersamaan tentunya dapat mempertahankan keberhasilan. Pesan beliau.

Ketua LPMK Dumai kota Nurdin Efendi memaparkan berbagai fasilitas yang ada sebagai sarana pendukung kegiatan masyarakat Dumai kota. Begitu juga bantuan CSR dari PT Pelindo I cabang Dumai, pihak hotel dan lainnya.

PT. Pelindo I cabang Dumai turut serta berperan aktif mendukung kegiatan kelurahan Dumai kota melalui CSR, seperti bantuan tenda dan kursi setiap RT, kaisar untuk mengangkut sampah sebanyak 3 buah, bangunan fisik bak beton tempat penampungan sementara ( TPS ) satu buah dan bantuan perehapan bangunan fisik bekas kantor kelurahan Dumai kota di jalan kemboja dan masih banyak lagi bantuan dari perusahaan pelabuhan tersebut untuk masyarakat Dumai kota. Paparnya yang akrab disapa Ngah Pendi tersebut.

Begitu juga bantuan CSR dari pihak bank riaukepri, hotel dan lainnya. Beliau mengucapkan terima kasih banyak atas partisifatif dari semua pihak.

Ditempat terpisah, HRD Pelindo I cabang Dumai Yopi saat ditemui disela-sela acara tersebut beliau membenarkan adanya partisifasi perusahaan kepada masyarakat Dumai kota.

Lanjut Yopi lagi menyebutkan seperti bantuan kaisar sebanyak 3 buah,tenda dan kursi untuk warga dilingkungan RT, bantuan bangunan fisik bak sampah dan rencana perehaban bangunan bekas kantor lurah, begitu juga bantuan untuk anak yatim dan kaum dhuafa dan banyak lagi bantuan melalui PT Pelindo I cabang Dumai untuk mendukung program kegiatan kelurahan Dumai kota. Jelas Yopi. Demikian pantauan wasiatriau.com. (aba)