Panglimo Gedang Ikut Berpartisipasi Kawal Penumpang Yang Tiba


Wasiatriau.com – Ketua laskar Dumai Panglimo Gedang ikut berpartisipasi mengatur dan mengamankan arus kedatangan penumpang di pelabuhan bandar Sri Junjungan Dumai, Jumat sore ( 15/02/2019)

Beliau merasa terpanggil untuk ikut mengawal, mengamankan arus kedatangan penumpang sebab,informasi dari masyarakat baru saja satu hari pelabuhan penumpang Bandar Sri Junjungan beroperasi, sudah ada keluhan dari penumpang, terjadi tarik menarik tas penumpang, mereka berebut penumpang yang akan berangkat keluar daerah sesuai destinasi penumpang.

Untuk menjaga Marwah orang Dumai Dimata masyarakat luar, panglimo gedang siap mengatur dan mengamankan oknum yang menawarkan tiket kepada para penumpang yang akan berangkat ke luar daereh tersebut.

” Demi menjaga Marwah daerah, saya siap menjadi garis terdepan ikut membantu mengaturnya ”

Puluhan personel laskar dibawah komando panglimo gedang terlihat sibuk mengatur arus penumpang yang keluar dari koridor kedatangan terminal penumpang bandar Sri Junjungan Dumai.

Mereka tergabung dari beberapa temenggung kecamatan seperti temenggung Dumai barat, H. Ujang Zahari didampingi Samen, Upit dan personil lainnya.

Begitu juga utusan temenggung kecamatan Medang kampai turut hadir mengamankan kondisi di pelabuhan tersebut.

Bukan saja personil laki laki yang tampil mengamankan, tapi turut juga hadir Srikandi laskar hulubang Melayu Riau ( LHMR ) kota Dumai Mala,ikut membantu menanyakan tujuan para penumpang tersebut.

Para penumpang menyebutkan tujuan mereka lalu salah satu anggota laskar menggunakan alat pengeras suara memanggil po bus, travel sesuai tujuan para penumpang, lalu PO bus, travel yang dipanggil akan mengambil barang dan penumpang tersebut.

Pengaturan po bus dan travel di pelabuhan penumpang terkesan agak rumit, karena banyaknya agen transportasi,namun dengan kebijakan yang dilakukan oleh pengelola pelabuhan penumpang bandar Sri Junjungan Dumai, akhirnya kondisi terminal penumpang tersebut terlihat mulai agak tertib dari sebelumnya.

Diketahui sebelumnya suasana pelabuhan penumpang areal PT. Pelindo I cabang Dumai terkesan tidak kondusif. Terutama rasa aman dan nyaman penumpang yang baru tiba, karena ramainya yang menawarkan tiket PO dan travel, mereka saling berebut penumpang, riuh rendah suara memanggil para penumpang saat keluar dari pagar terminal.

Bukan hanya teriakan,malah ada penumpang yang ditarik paksa, tidak sedikit penumpang yang menjadi korban pemerasan oleh oknum calo PO.

Meskipun sudah dikerahkan personil untuk mengatur dan mengamankan para penumpang namun hanya untuk beberapa waktu saja, setelah itu suasana pelabuhan kembali semberaut.

Namun setelah pelabuhan penumpang pindah ke pelabuhan bandar Sri Junjungan Dumai, kondisi kenyamanan dan kelancaran arus penumpang agak mulai membaik, tidak lagi terdengar teriakan para calo po memangil manggil penumpang yang baru tiba tersebut.

Hal itu setelah turun tangannya laskar hulubalang Melayu Riau ( LHMR )kota Dumai, langsung dipimpin panglimo gedang dan didampingi sejumlah anggota laskar (LHMR) ikut berpartisipasi aktif mengamankan penumpang.

Diketahui, sudah seminggu lebih laskar ikut berpartisipasi untuk mengatur ketertiban di areal pelabuhan penumpang bandar Sri Junjungan Dumai tersebut dan saat berita ini diterbitkan sejumlah personil laskar masih sibuk mengatur arus penumpang yang baru tiba tersebut. Demikian pantauan awak media wasiatriau.com di lapangan.(aba)