Peduli Air Bersih Untuk Masyarakat., Bupati Amril Buka PDAM Unit Bantan

Dirut PDAM Bks
Wasiatriau.com (Bengkalis )- Untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakatnya, Bupati Bengkalis Amril Mukminin SE, MM tampaknya tak main-main dalam memberi pelayanan.
Bayangkan, agar masyarakatnya, khususnya di Kecamatan Bantan mendapatkan pelayanan air bersih yang memadai, orang nomor satu di Negeri Junjungan itu terus mendorong supaya PDAM Bengkalis segera membuka Unit Bantan yang berada di Jalan Lapis, Desa Resam Lapis (Pemekaran Desa Selatbaru), Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis.
Gayung bersambut, mendapat arahan dan intruksi langsung dari bupati, Direktur PDAM Tirta Terubuk Kabupaten Bengkalis, Jufrizal SE tak tinggal diam, apalagi itu untuk kepentingan masyarakat. PDAM tancap gas, tim percepatan pembentukan PDAM Unit Bantan dibentuk.
Segala daya dan upaya dilakukan Direktur bersama tim dalam membenahi, terutama di bagian Intake, Instalasi Pengolahan Air (IPA), Listrik dan jalur perpipaan, ditelusuri dan dilakukan perbaikan.
Sebab, pasca selesai dibangun sejak 2008 silam, atau sekitar 10 tahun lalu itu, Intake, IPA di PDAM Bantan banyak mengalami kerusakan, dan jalur jaringan banyak yang pecah. Kemudian pada Sambungan Rumah (SR) yang sebelumnya telah terpasang meter sebanyak 600 SR, telah banyak yang hilang.
Setelah semua diperbaiki dan dilakukan pendataan ulang, tepat pada Kamis (21/2), malam di Masjid Syuhada, yang bertepatan di depan Kantor Unit PDAM Bantan, Bupati Amril yang diwakili Direktur Jufrizal SE, mengadakan syukuran dalam rangka membuka PDAM Unit Bantan bersama masyarakat setempat, pengurus Masjid Syuhada, pemuka masyarakat dan pemuda.
Dihadapan masyarakat beserta tokoh masyarakat dan pemuda, Jufrizal SE yang didampingi Kabag Umum PDAM, Mulyadi, Kabag Teknik Abel Iqbal ST, Kabag Hubla Nasrun Ssi, Kepala Unit PDAM Bantan Hendri Candra, Tenaga Ahli Keuangan Mhd Edy dan para Kasubbag beserta karyawan PDAM, menyampaikan salam dari Bupati Amril kepada masyarakat di Bantan. Karena beliau berhalangan hadir lantaran ada tugas yang tidak bisa diwakilkan.
“Dari arahan Bupati Amril, PDAM Unit Bantan harus segera dibuka. Sebab air bersih merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting. Beliau tak ingin, masyarakat, khusus Bantan kesulitan mendapatkan air bersih,” kata Jufrizal mengawali.
Oleh sebab itu lanjutnya, PDAM Tirta Terubuk Kabupaten Bengkalis yang merupakan perpanjangan tangan Pemerintah Daerah, sangat berterimakasih kepada Pemkab Bengkalis, karena selalu mendukung penuh demi memenuhi kebutuhan masyarakat.
Dengan dibukanya PDAM Unit Bantan, Bupati Amril dan semua stakeholder yang terlibat berharap, masyarakat di Bantan tidak lagi kesulitan mendapatkan air bersih.
“Setelah beliau (Bupati Amril) membuka PDAM Unit Bantan ini, Insya Allah beliau yang akan meresmikan sesudah ini. Mudah-mudahan kedepan, sambil berjalan kita akan selalu melakukan pembenahan pasca dibuka ini,” ujar Jufrizal.
Pembenahan yang dimaksud, berkaitan dengan teknis. Misal, melakukan normalisasi waduk (air baku), supaya ketersediaan air baku tetap terjaga, demi menjaga suplay air ke masyarakat. Serta menambah titik-titik baru sumber air baku yang bisa dimanfaatkan.
“Karena Pak Bupati Amril ingin, masyarakat kita mendapatkan air bersih secara menyeluruh. Makanya, kedepan kita akan terus menambah jaringan menuju pemukiman masyarakat yang belum ada jaringan. Karena, PDAM bertekat, kualitas, kuantitas dan kontinuitas harus tetap terjaga,” ungkap pria yang dikenal low profile ini.
Terakhir, Jufrizal mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bengkalis, Amril Mukminin SE, MM, Pemkab Bengkalis, DPRD dan semua pemangku kepentingan di Bengkalis, atas suport dan dukungan yang telah diberikan ke PDAM Bengkalis. Sebab, tanpa dukungan, PDAM tidak bisa berbuat banyak.
Sementara, mewakili masyarakat, pengurus Masjid Syuhada, Toyib terlihat tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya saat menyampaikan sambutan. Pasalnya, sudah sangat lama masyarakat Bantan mengidamkan air bersih.
“Alhamdulillah, saat Pak Bupati Bengkalis, Amril Mukminin memimpin, baru kami disini bisa menikmati air bersih. Maaf, sebelumnya juga pernah dikatakan PDAM Bantan ini akan dioperasikan, tapi toh tidak terwujud. Baru sekarang terwujud,” sebutnya.
Ia berharap, dengan dibukanya PDAM Bantan ini, kedepan masyarakat akan saling menjaga dan mendukung keberadaan PDAM. Karena, semua itu juga demi kepentingan masyarakat.
“Artinya, mudah-mudahan masyarakat dan PDAM bisa saling bekerjasama dalam memajukan PDAM Bantan. Ini merupakan sebuah anugerah dari Allah SWT. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada Pak Bupati Amril Mukminin, Direktur PDAM dan seluruh manajemen PDAM Tirta Terubuk Kabupaten Bengkalis. Dan semua yang terlibat dalam memperhatikan kebutuhan air bersih di tempat kami ini,” tuntasnya.  ( Rilis Diskominfotik Bengkalis ) aba