Walikota Dumai Hari Ini Launching Maghrib Mengaji

maghrib mengaji

Wasiatriau.com -Walikota Dumai Zulkiflu As, hari ini Rabu (06/02) secara resmi membuka kegiatan Maghrib mengaji, di Mesjid Al-Qur’an Manan kecamatan bukit kapur.

Acara launching Maghrib mengaji tersebut merupakan salah satu program membangun sumber daya manusia di bidang keagamaan, agama Islam.

Walikota Dumai H Zulkifli AS meminta agar program Gerakan Maghrib Mengaji terus digalakkan dalam upaya membasmi buta aksara Alquran dan mewujudkan visi Dumai sebagai Masyarakat yang Makmur dan Madani.

Harapan tersebut disampaikan Walikota Dumai saat membuka acara launching Magrib mengaji di Masjid Al-Manan Bukit Kapur Dumai, Rabu (6/2/2019).

Menurut Wako, melalui gerakan magrib mengaji, juga diharapkan menjadi motor dalam meningkatkan dan membudayakan bacaan Alquran di Kota Dumai sehingga upaya untuk menjadikan masyarakat Dumai berbudaya melayu yang agamais dapat terlaksana dengan baik.

“Karena memang dengan kegiatan membaca dan memahami isi dan kandungan Alquran kita dapat memahami nilai-nilai yang terkandung didalamnya sehingga kita dapat memahami ajaran Islam secara kaffah,” katanya.

Selain itu, program Maghrib Mengaji harus digalakkan dalam upaya membentengi anak-anak sehingga tidak mudah terjerumus dalam pergaulan bebas. Karna anak-anak sekarang ini semakin memprihatinkan.

“Nyaris waktu hanya dihabiskan untuk kegiatan yang tidak bermanfaat. Kondisi inilah yang memicu banyaknya anak-anak terjerumus atau terpengaruh dengan situasi lingkungan dan pergaulan bebas,” pesan wako.

Menurut wako, sampai hari ini sudah 138 tempat seperti TPQ dan rumah ibadah sudah menerapkan gerakan maghrib mengaji, dia berharap seluruh TPQ yang ada di Kota Dumai berjumlah 150 TPQ bisa menerapkan gerakan maghrib mengaji.

“Nantinya kita akan membuat tim, 1 minggu sekali kita akan tinjau gerakan magrib mengaji di masjid. Mudah-mudahan program yang telah kita canangkan selama 1 tahun ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kehadiran kami selaku Pemko Dumai tidak akan merubah tatanan kegiatan mengaji sebelumnya, akan tetapi kami hanya ingin meninjau kegiatan ini agar setiap malam kegiatan maghrib ini dapat terus dilakukan,” harap Zul AS.

Kemudian, dia juga mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS Kota Dumai, Kepala Kantor Kemenag Kota Dumai, juga kepada OPD yang telah hadir dalam kegiatan ini, dan masyarakat yang sangat antusias mendukung program ini.

Disela sela kata Sambutan Pj. Sekda Kota Dumai H.Hamdan Kamal ” Membumikan alquran Kami merasa bangga dengan adanya program ini, dengan program ini kami berharap kepada anak-anak dapat mengembangkan Al-Qur’an untuk meneruskan generasi muslimin.”ujarnya Hamdan

Beliau mengucapkan terima kasih kepada Pemko Dumai dan kepada Masyarakat Sekitar masjid, agar kita diridhoi oleh Allah SWT.

Turut hadir dalam acara tersebut Walikota Dumai dan Wakil walikota Dumai, Kemenag Dumai, kepala OPD, Serta instansi terkait kota dumai, dan toko masyarakat. ( aba )