BNPB Gelar Rakorda Antisipasi Karhutla di Kabupaten Bengkalis

Karhutla di rupat ( net )

Wasiatriau.com ( Bengkalis ) – Bertempat di lantai IV kantor Bupati Bengkalis jalan Jend Ahmad Yani 070, akan digelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda).

Rakorda tersebut ditaja dalam rangka kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2019 di Provinsi Riau pada umumnya. Dan, di Kabupaten Bengkalis pada umumnya.

Rakorda yang akan dimulai pukul 09.00 WIB itu, bakal dihadiri Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat, Letnan Jenderal (Letjen) Doni Monardo.

Seusai surat BNPB No. B-133/KA.BNPB/02/2019, tanggal 27 Februari 2019 yang ditandatangani Sekretaris Utama BNPB Dody Ruswandi, Jenderal Bintang 3 lulusan AKmil 1995 yang pernah menjabat Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) III/Siliwangi dan Pangdam XVI/ Pattimura tersebut tak dating sendirian.

Konon, seluruh pejabat eselon I dan II di BNPB akan hadir mendampingi mantan Komandan Jenderal Kopassus tersebut ke kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Dalam rapat tersebut, Jenderal Bintang 3 kelahiran Kota Cihami, Jawa Barat, 10 Mei 1963 tersebut akan memberikan pengarahan dalam rangka kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman Karhutla tahun 2019.

Camat dan Kades Hadir

Terkait Rakorda kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman Karhutla tahun 2019, Kepala Dinas Komunikasi, Iinformatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis, Johansyah Syafri membenarkan jika camat dan kepala desa se-Kabupaten Bengkalis bakal hadir.

Sesuai instruksi Bupati Bengkalis melalui Bagian Umum Sekretariat Daerah, imbuh Johan, demikian juru bicara Pemkab Bengkalis akrab disapa, seluruh Kepala Perangkat Daerah juga diperintahkan hadir.

“Begitu pulaStaf Ahli Bupati, Asisten I, II dan III serta Kepala Bagian di Sekretariat Daerah Bengkalis. Juga mendapat perintah dari Bupati Bengkalis untuk hadir,” jelas Johan, Sabtu, 2 Maret 2019 melalui sambungan telepon.

Saat dihubungi mantan Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Bengkalis ini mengaku berada di Duri, Kecamatan Mandau.

Johan yang berada di Duri sejak Jum’at malam, 1 Maret 2019, guna mengikuti sejumlah kegiatan kedinasan Bupati Amril di sana.

“Kami masih di Duri. Namun sesuai perintah Bupati Bengkalis, besok siang kami diminta dan harus kembali ke Bengkalis untuk mengikuti Rakorda bersama Kepala BNPB tersebut,” ujar Johan.

Di bagian lain ketika ditanya siapa saja pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau yang akan hadir dalam Rakorda dalam menghadapi ancaman Karhutla tahun 2019 bersama Letjen Doni Monardo, Johan mengakui belum memperoleh informasi apapun.

“Belum ada. Sampai sore ini belum ada informasi siapa saja pejabat Pemprov Riau yang hadir. Mungkin besok baru diketahui,” jelasnya. ( Rilis Diskominfotik Bengkalis ) aba