Firdaus Tepuk Tepung Tawar Zuriat Marhum Pekan

Walikota Pekanbaru MT (net )

Wasiatriau.com – Walikota Pekanbaru H. Firdaus ST. MT tepuk tepung tawar pewaris marhum pekan, Ahad ( 10/03 ) di halaman kediaman walikota Pekanbaru.

Turut hadir menyaksikan acara tepuk tepung tawar kepada keturunan zuriat raja ke 5 yang akrab disebut masyarakat marhum pekan tersebut, Azman raja Sulaiman, keturunan raja buang Asmara, raja ke 2 kerajaan Siak Sri Indrapura dan sultan Johor, Rombongan keturunan laksamana Hang Tuah dari negeri melaka, Malaysia. H.Ismail keturunan raja Akil dari berunai Darussalam dan para rombongan keturunan raja ke 5 dari negara berunai, Johor, Terengganu dan Malaka Malaysia dan rombongan dari Dumai.

Turut hadir juga ketua Srikandi Melayu se Asean, Datin Ayang dan Datin Raja Susi, kepala Dinas pariwisata kita Pekanbaru dan sejumlah pegawai dilingkungan Pemko Pekanbaru.

Suasana acara terkesan cukup hikmat dan bernuansa budaya Melayu yang Islam. Sebab disaat acara seremonial dimulai,diiringi dengan tari persembahan, begitu juga saat acara adat tepuk tepung tawar, diiringi dengan salawat.

Para rombongan keturunan raja ke 5 yang ditepung tawar seperti ketua rombongan Tengktu Ir. H. Amir Ahmad, H. Ismail dari berunai Darussalam.dan 3 orang lainnya.

Acara tepuk tepung tawar tanda penghormatan yang diberikan oleh walikota Pekanbaru kepada rombongan keturunan zuriat raja ke 5 marhum pekan.

Turut melaksanakan prosesi tepuk tepung tawar antara lain : walikota Pekanbaru, kepala dinas pariwisata Pekanbaru dan beberapa orang pegawai Pemko Pekanbaru.

Berdasarkan pantauan, setelah acara tepuk tepung tawar, acara dilanjutkan pemberian cendra mata walikota dan rombongan diwakili Ketua keturunan zuriat raja ke 5 Tengktu Ir H Amir Ahmad.

Tengku Amir Ahmad juga menyerahkan silsilah keturunan raja ke 5 tersebut.

Turut hadir dalam acara tersebut keturunan Hangtuah Malaka, Azman raja Sulaiman, keturunan raja Johor masuk dalam nasaf Raja Buang Asmara. Raja Buang Asmara adalah adik beradik dengan raja alam yang digelar mahum Bukit anak raja Kecik pendiri kerajaan Siak Sri Indrapura 1723 H.

Hadir juga H. Ismail keturunan raja Akil dari berunai, adik dari marhum pekan, serta rombongan keturunan zuriat raja ke 5, raja Akil dan buang Asmara dan rombongan Srikandi Melayu se Asean yang dipimpin Datin Ayang dan Datin raja Susi.

Acara ditutup dengan doa yang dipimpin langsung dari berunai Darussalam dan berfoto bersama dengan walikota Pekanbaru.

Diketahui sebelumnya rombongan keturunan raja ke 5 menziarahi makam marhum Bukit dan marhum pekan di kota Pekanbaru.

Prosesi ziarah ke makam raja ke 4 dan raja ke 5 tersebut terkesan penuh hikmat karena selama hidup mereka baru pertama kali sampai menjejakkan kaki mereka ke makam nenek moyang mereka, sebab selama ini mereka hanya mendengar cerita dari orang orang tua mereka masing masing bahwa mereka adalah keturunan raja ke 5 kerajaan Siak Sri Indrapura.

Mereka juga menggelar khatam Al Qur’an di mesjid Nur Alam.

Acara khatam Al-Qur’an memang sudah mereka rancang sebelumnya, karena mereka sudah beberapa tempat bersejarah menggelar khatam Al-Qur’an, tempat tempat yang ada kaitan dengan keturunan raja kerajaan Siak Sri Indrapura, seperti melaka, Johor dan kali ini di mesjid Nur Alam Pekanbaru. Demikian pantauan awak media wasiatriau.com. (aba)