Wako Terima Silsilah Marhum Pekan


Wasiatriau.com (pekanbaru) Walikota Pekanbaru H.Firdaus ST MT menerima silsilah marhum pekan dari Tengku H. Ir. Amir Ahmad Abdul Djalil Muazzam Syah. Ahad malam ( 10/03). Dihalaman kediaman rumah dinas Walikota.

Penyerahan silsilah marhum pekan Tengku H.Ir.Amir Ahmad Abdul Djalil Muazzam Syah itu disaat acara jemputan Walikota Pekanbaru kepada keturunan zuriat Marhum Pekan yang kebetulan mengadakan khatam Al-Qur’an di mesjid Nur Alam Pekanbaru.

Diketahui Tengku Ir. H. Amir Ahmad Abdul Djalil Muazzam Syah merupakan keturunan raja ke 5, beliau sudah keturunan yang ke 6 dari raja ke 5, sultan Tengku Muhammad Ali Abdul Djalil Muazzam Syah dan keturunan ke 8 dari raja kecil, pendiri kerajaan Siak Sri Indrapura. Sultan Abdul Djalil Rahmat Syah 1723 M.

Turut juga hadir dalam acara penyerahan Keturunan Sultan Mahmud dan nasaf dari buang Asmara, Azman raja Sulaiman dari Johor Malaysia, H. Ismail keturunan zuriat raja Akil adik dari marhum pekan, rombongan keturunan Hangtuah Malaka dan rombongan keturunan zuriat Marhum pekan dari berunai Darussalam, Johor, Terengganu, Melaka, Malaysia, dan serta kota Dumai, Srikandi Melayu se Asean serta Kadis pariwisata Pekanbaru dan sejumlah pegawai dilingkungan Pemko.

Penyerahan silsilah keturunan zuriat Marhum pekan tersebut untuk membuktikan keturunan zuriat Marhum pekan masih ada dan telah berkembang kemana mana, menurut informasi bahwa keturunan zuriat Marhum pekan telah menyebar sampai ke benua Amerika.

Seperti diketahui, keturunan zuriat Marhum pekan sebelumnya tidak pernah disebut sebut orang, dan belum pernah menemukan tulisan budayawan Terkait keturunan zuriat raja ke 5 tersebut.

Selama lebih 200 tahun mereka berpisah, keturunan zuriat raja ke 5 meninggalkan negerinya, meneroka mencari penghidupan baru di sejumlah negeri sampai beranak pinak, meskipun antara satu dengan yang lain keturunan zuriat Marhum pekan tidak tahu karena terpisah oleh waktu dan jarak, namun mereka masih tau zuriat mereka melalui cerita orang orang tua mereka masing masing.

Dengan izin Allah swt, keturunan zuriat raja ke 5 ini dapat bertemu kembali,

Pertemuan pertama keturunan raja ke 5 tersebut disaat lembaga adat Melayu Riau ( LAMR ) kota Pekanbaru menggelar haol marhum pekan yang julung kali pada pertengahan bulan November tahun 2018 yang lalu.

Panitia pelaksana haol marhum pekan secara khusus pada saat itu menjemput tamu keturunan zuriat Marhum pekan tersebut acara jamuan makan malam di gedung kerapatan adat Melayu payung sekaki, Senapelan Pekanbaru.

Diketahui, pertemuan keturunan zuriat raja ke 5 kali ini adalah pertemuan yang kedua kalinya, momentum pertemuan yang ke 2 ini mereka melaksanakan acara khatam Al-Qur’an di mesjid Nur Alam dan menziarahi makam Datuk moyang mereka, marhum Bukit dan marhum pekan yang berada disekitar mesjid Nur Alam tersebut. (aba)