Zuriat Marhum Pekan Hadiri Jemputan Walikota Pekanbaru


Wasiatriau.com – Walikota Pekanbaru Firdaus, ST. MT tepuk tepung tawar keturunan zuriat marhum pekan, pada Ahad ( 10/03/2019) di halaman kediaman walikota Pekanbaru.

Acara tepuk tepung tawar salah satu untaian acara silaturahmi Walikota Pekanbaru dengan para rombongan keturunan zuriat raja pendiri kota Pekanbaru ini, Marhum Pekan.

Dalam tema baleho yang bertulis ” Selamat datang Pewaris zuriat Marmum Pekan ”

Turut hadir dalam acara tersebut rombongan keturunan zuriat Marhum Pekan, raja ke 5 kerajaan Siak Sri Indrapura, Tengktu Ismail Azman bin Raja Sulaiman keturunan Sultan Mahmud dari Johor Baharu Malaysia, H. Ismail, keturunan raja Akil dari negara berunai, rombongan keturunan Hangtuah dari Malaka, Malaysia, Datin Ayang, Ketua Srikandi Melayu Se Asian, Datin raja Susi, kepala dinas parawisata Pekanbaru dan sejumlah pegawai kota Pekanbaru.

Sebelum acara dimulai, para jemputan dijemput jamuan makan malam sambil dihiburkan tembang lagu Melayu oleh artis Pekanbaru.

Didepan pentas, undangan dapat menyaksikan program smart city sebuah program kota Pekanbaru yang dicanangkan oleh walikota Pekanbaru Firdaus MT.

Suasana dalam acara jamuan tersebut berlangsung hikmat dan bernuansa budaya Melayu Riau yang islami, Sebab terpantau saat pembukaan acara disajikan tari persembahan dan saat acara tepuk tepung tawar juga di iringi dengan bersalawat.

Rombongan letak tempat duduk para tamu juga ditata sedemikian rupa, deretan barisan depan bersama walikota Pekanbaru ada Tengku Amir Ahmad Abdul Djalil Muazzam Syah, H.Ilyas, H.Ismail, Azman raja Sulaiman, dan meja sebelah rombongan dari Malaka, keturunan Hangtuah, sementara meja sebelah kanan, rombongan ibuk ibuk zuriat Marmum Pekan dan sebelahnya rombongan Ibuk ibuk dan masyarakat Pekanbaru dan meja paling sudut barisan depan ditempati Dinas pariwisata dan sejumlah pegawai Pemko Pekanbaru.

Sedangkan di kursi belakang ditempati rombongan keturunan zuriat Marmum Pekan.

Tengku Ir. H. Amir Ahmad disela sela kata sambutannya, beliau mengucapkan ribuan terima kasih kepada walikota Pekanbaru menjemput kami hadir disini. Ujarnya.

Tengku Ir. H. Amir Ahmad Abdul Djalil Muazzam Syah juga memberikan cendramata kepada walikota Pekanbaru dan serta bingkisan nasaf keturunan beliau sebagai zuriat raja ke 5.

Begitu juga kepada pelaksana iven yang telah bersusah payah mensetting acara ini, atas kerja kerasnya semua pihak kami atas nama keturunan zuriat raja ke 5 sultan Tengku Muhammad Ali Abdul Djalil Muazzam Syah mengucapkan ribuan terima kasih. Ujar Tengku Amir Ahmad.

Azman Raja Sulaiman,Keturunan Sultan Johor dari anak raja kecil, raja ke 2 Raja Buang Asmara, turut mempekanalkan asal usul diri beliau.

Beliau menyebut nasaf hingga ke raja ke 2 kerajaan Siak Sri Indrapura, yang akrab disapa buang Asmara.

Diketahui raja kecil, pendiri kerajaan Siak Sri Indrapura yang bergelar dipertuan Abdul Djalil pada tahun 1723 M, sedangkan raja kecil punya putra dua orang, raja alam dan raja buang Asmara

H. Ismail, keturunan raja Akil dari berunai dalam kata sambutan sepatah kata dengan tegas mengatakan, kami memang tidak ingin balek kampung lagi, biarlah ini jadi kenangan bagi anak cucu kami, bahwa negeri ini dulunya juga negeri Datuk kami. Ujarnya.

Memang kronologis kerjaan Siak Sri Indrapura meninggalkan historis bagi anak cucunya. Suka dan duka silih berganti, namun mereka sebagai keturunan zuriat raja kecil kerajaan Siak Sri Indrapura sepakat, tinggalkan yang keruh dan ambil yang jernih, bersatu menjalin silaturahmi.

Walikota Pekanbaru Firdaus MT menyebutkan bahwa beliau juga salah satu keturunan Datuk Datuk raja kerajaan Siak Sri Indrapura,

Firdaus mengatakan saat kecil, masih duduk di bangku sekolah lagi, sudah pernah mendengar, melihat ayah beliau berbincang bincang dengan keturunan raja kerajaan Siak Sri Indrapura.

Sebagai anak yang baru tumbuh rasa ingin tahu cukup tinggi, ujar orang nomor satu Pekanbaru itu.

” Saya tanya dengan ayah saya, kenapa orang itu datang kesini ”

Ternyata ayahnya salah satu keturunan Datuk Datuk didalam kerajaan Siak Sri Indrapura. Ujar beliau menjelaskan identitasnya sebagai keturunan Datuk Datuk.

Berdasarkan pantauan awak media wasiatriau.com. jemputan walikota Pekanbaru kepada para tamu keturunan zuriat raja ke 5 terkesan penuh hikmat.

Acara ditutup dengan doa yang dipimpin langsung salah seorang rombongan dari negara berunai.

Sebelum berpisah, walikota Pekanbaru mengajak rombongan foto bersama, mereka bergantian berfoto yang dipandu protokoler MC acara, seperti rombongan dari Brunei, Johor, melaka serta berfoto bersama dengan seluruh rombongan Pewaris marhum pekan.

Ditempat terpisah, salah seorang dari rombongan Mengatakan, merasa puas dengan sambutan orang Dumai dan pejabat kota Pekanbaru.

” Saya merasa senang dengan sambutan mereka, masyarakat disini ramah tamah dan jujur “, ujarnya dan diamini yang lain.