14 Artis Diprediksi Gagal Nyaleg Dapil Jatim, 2 Lolos ke Senayan

Kotak suara pemilu 2019

Wasiatriau.com ( Jatim ) Pemilihan Legislatif ( Pileg )  2019 disejumlah daerah pemilihan ( dapil ) Jawa Timur, dipenuhi artis peran dan penyanyi yang maju ke Senayan.sekitar 16 caleg artis yang maju dari Jawa Timur.

Namun berdasarkan metode hitung Pileg 2019 dari hasil rekapitulasi suara Pileg 2019 KPU Jawa Timur, dari 16 caleg artis, hanya 2 yang dipastikan lolos, yakni penyanyi Krisdayanti dari dapil Jatim 5 meliputi Malang Raya, dan Arzeti Bilbina dari dapil Jatim 1, meliputi Surabaya dan Sidoarjo. Meraih 132.131 suara,

Diketahui, Krisdayanti bahkan menjadi juara di dapil Malang Raya (Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang). Suaranya bahkan mengalahkan Wasekjen PDI-P, Ahmad Basarah yang hanya meraih 104.914 suara.

Sementara, artis Arzeti Bilbina, berhasil mempertahankan kursinya di Senayan dari dapil yang sama dari periode sebelumnya. Di dapil Jatim 1, Arzeti Bilbina yang maju lewat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu dipastikan lolos dengan 53.185 suara. Di dapil tersebut dia mengalahkan rekan separtainya yakni penyanyi Sundari Soekotjo dan musisi Ahmad Dhani.

Berikut 14 artis yang gagal ke Senayan dari dapil Jawa Timur, berdasarkan data rekapitulasi suara Pileg 2019 KPU Jatim, yang diolah dengan metode hitung Saint Lague oleh SCG Research and Consulting.

1. Ahmad Dhani dari Partai Gerindra (40.148 suara). 2. Sundari Soekotjo dari PKB (9.754 suara). 3. Manohara Odelia Pinod dari Nasdem (6.865 suara). 4. Andre Hehanusa dari PDIP (26.139 suara). 5. Luki Perdana dari Nasdem (9.163 suara) 6. Emilia Contessa dari PAN (29.265 suara)

Sementara sejumlah calon legislatif dari Partai Nasdem yang berasal dari kalangan publik figur diprediksi akan menjadi anggota DPR pada periode 2019-2024. Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan, beberapa nama tersebut seperti Sahrul Gunawan dan juga Olla Ramlan. “Sahrul Gunawan cukup suaranya, Venna Melinda juga suaranya banyak, dia incumbent dulu tapi dari Demokrat. Lalu ada Olla Ramlan juga,” ujar Johnny di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (6/5/2019).

Adapun, Sahrul Gunawan merupakan caleg Nasdem dari dapil Jawa Barat V, Olla Ramlan dari dapil Jawa Barat IV, dan Vena Melinda dari dapil Jatim IV. Johnny mengatakan, para caleg artis ini sudah menunjukan kerja politik dengan benar. Menurut dia, mereka tidak bisa dianggap sekadar penghias dalam pesta demokrasi ini.

Dia mengaku memonitor perkembangan para caleg artis tersebut dan melihat mereka turun ke dapil masing-masing. Johnny puas mereka tidak sekadar mengandalkan nama besar yang dimiliki sebelumnya. “Satu hal lagi ya, caleg-caleg selebiriti itu mereka membawa suasana dinamis dalam kampanye,” kata Johnny. ( aba )