CPO di areal Kreasi Tumpah Lagi kelaut


Wasiatriau.com – Tumpahan CPO zat atau limbah cair lainnya dari aktivitas refenery yang berbeda sepanjang dipinggir pantai Dumai sudah menjadi hal biasa.

Namun tidak pernah sekalipun peruhasan yang bersangkutan ditindak dan dikenakan sanksi pencemaran lingkungan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Seperti apa yang terjadi baru baru ini, salah satu perusahaan swasta  PT kreasi jaya Adhikarya. Perusahaan CPO tersebut yang terletak dalam kawasan pelabuhan PT Pelindo I Cabang Dumai.

Seperti apa yang dirilis media pesisir.com Laut Dumai kembali tercemar CPO dari tongkang milik PT Multi Perkasa sejahtera untuk dilouding ke PT kreasi jaya Adhikarya didermaga B dikawasan Pelindo, Rabu (29/05/2019).

Jejak rekam dahulu PT Kreasijaya Adhikarya juga pernah tumpah Stearin dalam jumlah besar mengotori laut kota Dumai .

Dalam hal ini Nordin Efendi ketua forum LPMK kota Dumai mengatakan perusahan dikawasan pelindo yang selalu mencemari laut kota Dumai ini tidak bisa ditoleransi kan lagi, sudah banyak selalu saja CPO atau Stearin tumpah ke laut.

” Jangan sampai masyarakat muak nantinya kami blokir perusahan yang selalu mencemari lingkungan laut, tak habis habis mencemari laut Dumai ” ujarnya

Nordin Efendi juga meminta kepada pihak Pelindo tegas beri sanksi terhadap perusahan CPO yang lalai selalu CPO dan Stearin tumpah ke laut.

Konfirmasi kepada pimpinan PT kreasi jaya Adhikarya melalui via whats app menyampaikan itu minyak milik PT. Multi Perkasa Sejahtera (milik tongkang), bukan minyak Kraesi jaya Adhikarya.

” Mohon maaf sebelumnya Pak..
Tujuannya benar ke KJA Pak..
Namun minyak tumpah dari main hole tongkang.. Bukan pada saat proses discharge ke KJA..dari KJA belum memulai aktifitas bongkar pada saat kejadian.. dengan kata lain, minyak bukan tumpah pada saat unloading ” ungkapnya melalui via what’s app

Informasi yang didapat dari pihak Pelindo menyampaikan belum mengetahui kejadiaannya dan diduga PT kreasi jaya Adhikarya belum ada oil bom. (aba)