Ir. M. Hasbi Pantas Ikut Kandidat Balon Pilkada Dumai


Wasiatriau.com – Suhu perpolitikan balon wako dan Wawako Dumai sudah mulai terasa bahangnya. Kenapa tidak, sebab  sejak adanya surat edaran informasi terkait pemilihan pilkada serentak di provinsi Riau, sontak antusias masyarakat kota Dumai mulai bergairah.

Seperti apa yang dirilis beberapa media online maupun media cetak, sejumlah nama bakal calon ( balon ) Wako, Wawako siap tampil bertarung di gelanggang politik

Malah balon tersebut sudah ada yang memasang baliho dengan ucapan selamat selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadhan 1440 H. ” Mohon maaf lahir dan batin “.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Bukan hanya ucapan selamat menunaikan ibadah ramadhan,malah ada juga Kandidat secara terang terangan menuliskan calon walikota Dumai.

Diketahui bahwa keinginan dari para tokoh tersebut memang cukup beralasan, sebab selama ini mungkin mereka merasa geliat pembangunan masih jauh dari harapan.

Makanya para kandidat yang berminat ikut menjadi konstestan balon Wako, Wawako merasa mampu mengemban amanah jika dipercayakan oleh masyarakat kota Dumai, mereka siap menjadikan Dumai lebih baik lagi.

Namun jika dilihat dari rekam jejak geliat para tokoh masyarakat Dumai, semuanya baik dan kredibel menjadi pemimpin.

Dilihat dari ketokohan, populeritas serta kredibelitas menjadi pemimpin kota Dumai, namun perlu diingat, bahwa kota Dumai ini menyimpan persoalan yang cukup rumit dan kompleks, hanya orang orang tertentu saja mampu menyelesaikannya, terutama pemimpin yang bernyali, berani berkorban demi untuk masyarakat Dumai.

Menurut pandangan sejumlah masyarakat Dumai, hanya personil yang berani, vokal yang bisa menyelesaikan persoalan Dumai.

Seperti Ir. M. Hasbi, kata salah seorang warga Dumai menyebutkan, beliau sangat layak, karena selama ini perjuangan beliau terhadap lingkungan, hukum, tenaga kerja dan sosial kemasyarakatan tidak pernah kendor, otokritik beliau cukup lantang dan berani mengatakan yang benar dan salah, meskipun pahit dirasakan. Ujarnya yang tidak mau disebutkan namanya.

Kritikan beliau cukup tajam mengawal roda pembangunan ini, hal itu adalah bakat yang tidak bisa direkayasa, apalagi beliau adalah orang yang jenius, lompatan pemikirannya sulit diikuti, orang lain baru berpikir, tapi dia sudah berbuat. Katanya sedikit memuji.

Gagasan dan otokritik yang selalu beliau sampaikan melalui tulisan dan aksi demo memang selalu dipandang berseberangan dengan orang lain, karena menghambat ruang gerak yang berkepentingan. Namun bagi orang orang pergerakan, hal itu wajar dan harus dalam rangka untuk menjaga keseimbangan pembangunan disegala lini kehidupan.

Tambah beliau lagi menyebutkan Ir. Hasbi merupakan salah satu tokoh sentral yang ikut berperan serta mencetuskan Dumai menjadi kota madya, vokal Beliau menjadi penyemangat perjuangan masyarakat kota Dumai kala itu. Dan banyak lagi organisasi yang diikutinya. Seperti LAMR Dumai, LSM, Laskar hulubang Melayu bersatu (LHMB)  kota Dumai, begitu juga pernah bergabung di beberapa partai politik.

Beliau juga pernah menjadi guru di zaman orde baru, oleh karena sikap dan tindakan beliau yang kritis saat itu, lalu bergabung dengan partai berlambang ka’bah ( PPP ) dan ianya siap menghadapi konsekuensi politik saat itu.

Menurut beliau lagi, kemampuan Ir Hasbi cukup teruji dalam dunia politik dan ormas, rasanya tidak canggung jika menjalankan birokrasi tata kelola pemerintahan. Ujarnya

Namun itu hanya pandangan beliau terkait sosok tokoh sentral masyarakat Dumai itu, dan kalau bisa bakal calon walikota Dumai selain punya famor ditengah masyarakat namun harus juga punya nyali dan inovatif. Kilahnya mengakhiri.(aba)