Joko Widodo Tinjau Lokasi Ibukota Baru

Jokowi tinjau lokasi ibukota baru ( net )

Wasiatriau.com ( Jakarta )- Rencana kerja pemindahan Ibukota Jakarta pada rapat terbatas Kabinet Joko Widodo ( Jokowi ) beberapa waktu yang lalu di Istana Negara, sudah masuk ketahap peninjauan lokasi yang sesuai rencana kerja pembangunan.

Seperti yang dilansir media Kompas.com. Presiden Joko Widodo ( Jokowi) membandingkan dua daerah yang menjadi calon Ibu Kota baru. Jokowi membandingkan antara Bukit Soeharto di Balikpapan, Kalimantan Timur, dengan Kabupaten Gunung Mas di Kalimantan Tengah.

Menurut Jokowi, kelebihan Gunung Mas adalah luas wilayahnya. Jokowi menyebut dengan luas daerah tersebut, Gunung Mas siap menjadi Ibu Kota. Namun, Jokowi menyoroti masalah infrastruktur di wilayah ini. “Sekali lagi ini menyangkut aspek yang tidak satu dua. Urusan banjir mungkin di sini tidak, ya kan. Urusan gempa di sini tidak. Tapi apa, kesiapan infrastruktur harus dimulai dari nol lagi, ya kan. Itu juga salah satu pertimbangan-

pertimbangan masalah sosial politiknya, masalah sosiologi masyarakatnya, semuanya, semuanya dilihat semuanya,” ujar Jokowi saat meninjau Gunung Mas, Rabu (8/5/2019). tetapi Infrastruktur Harus Bangun dari Nol Jokowi juga sempat menyinggung soal Presiden pertama RI Soekarno yang dulu memilihnya kalimantan Tengah sebagai Ibu Kota baru. Jokowi mengatakan, Soekarno memilihnya pasti memiliki sejumlah alasan khusus. “Enggak mungkin sebuah keputusan itu disampaikan tanpa sebuah argumentasi data, fakta-fakta lapangan yang matang,” ujarnya.

Jokowi menyebut Balikpapan memiliki kesiapan dari segi infrastruktur. Namun, dari pernyataan Jokowi yang dikutip dari website Sekretariat Kabinet RI, salah satu minus di Balikpapan, airnya asin dan di sana juga masih banjir.

Presiden Joko Widodo menilai wilayah Gunung Mas di Kalimantan Tengah, paling siap untuk jadi ibu kota negara berdasarkan luas wilayahnya. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat meninjau langsung lokasi tersebut, Rabu (8/5/2019). “Kalau dari segi keluasan wilayah, di sini mungkin paling siap, mau minta berapa pun luasnya masih cukup,” kata Joko Widodo, saat diwawancara di titik lokasi.

Jokowi meninjau lokasi tersebut setelah sebelumnya sempat melakukan pemantauan dari udara menggunakan helikopter. Namun, untuk jadi ibu kota, perlu ada pembangunan infrastruktur dari nol di Gunung Mas. “Namun, infrastruktur harus dibangun dari nol lagi, serta dari aspek lainnya yang harus diperhatikan,” ujar Jokowi. Saat melihat langsung titik lokasi yang ada di wilayah Kabupaten Gunung Mas,

Presiden Joko Widodo nampak tersenyum dan sempat menyendiri untuk melihat ke sekeliling area tersebut. Provinsi Kalimantan Tengah sebelumnya telah menyiapkan lahan dengan luas lebih dari 300.000 hektar untuk ibu kota yang baru.

Perjalanan Jokowi Mencari Ibu Kota Baru, dari Bukit Soeharto Kaltim ke Segitiga Kalteng Tempat tersebut memasuki tiga wilayah yang ada di Kalimantan Tengah, antara lain Kota Palangkaraya, Kabupaten Katingan dan Kabupaten Gunung Mas, yang berbentuk segitiga.  Selain di Gunung Mas, Jokowi juga melakukan pemantauan udara bersama rombongan di dua wilayah lainnya. Setelah selesai melihat secara langsung titik lokasi calon ibu kota yang ada di wilayah Kabupaten Gunung Mas, Presiden Joko Widodo beserta rombongan kembali ke Palangkaraya, untuk melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta. ( aba )