Mengenang Lahirnya Pancasila


Wasiatriau.com -Dalam rangka menyambut hari lahir Pancasila, pada 1 Juni 2019,awak media wasiatriau.com coba mengajak para pembaca mengingat kembali kebelakang saat lahirnya Pancasila.

Sekitar 84 tahun silam Pancasila lahir yang digagas para pendiri bangsa Indonesia dan kelahiran Pancasila sebagai dasar ideologi negara republik Indonesia.

Lahinya Pancasila sebagai dasar negara kesatuan republik Indonesia merupakan sebuah gagasan luhur dari pendiri bangsa saat itu, ideologi bangsa dan  merupakan palsafah bangsa.

Upaya Peringatan hari kelahiran Pancasila dilaksanakan serentak di seluruh daerah kabupaten kota di Indonesia,

Seperti apa yang disampai dalam upacara peringatan hari kelahiran Pancasila, Sabtu (01/06/2019) di halaman kantor kabupaten Bengkalis. ( Kutipan diskominfo Bengkalis)

Dalam amanat Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono yang disampaikan Kapolres Bengkalis AKBP Yusuf Rahmanto mengatakan, peringatan hari kelahiran pancasila 1 Juni bukan sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan  “Piagam Jakarta” oleh “panitia kecil” tanggal 22 Juni dan pengesahan pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945, jadi 3 peristiwa penting tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

“Kita harapkan perdebatan tentang kelahiran pancasila sudah tidak diperlukan lagi. Yang diperlukan mulai saati ini adalah bagaimana kita semua mengamalkan dan mengamankan pancasila secara simulasi dan terus menerus,” ujar Yusuf.

Sambungnya dengan merayakan hari kelahiran pancasila bangun kebersamaan dan hararapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai “Weitstars Dinamis”, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan. Sebagai energi positif bangsa, pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia.

Masih Amanat dari Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono, menyampaikan melalui peringatan hari kelahiran pancasila 1 Juni 2019, pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagian seluruh bangsa Indonesia, kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan, kita Indonesia kita pancasila,” imbuhnya. ( aba )