Warga Antusias Saksikan Malam Takbiran


Wasiatriau.com – Masyarakat kota Dumai antusias menyaksikan takbiran hari raya idul Fitri 1440 H,

Berdasarkan pantauan awak media warga tumpah ruah memenuhi ruas jalan protokol seperti jalan Sudirman, jendral Sudirman, jalan Sukajadi atauDiipenogoro, dan jjalan ombak atau jalan Hasanudin.

Begitu juga terpantau beberapa ruas jalan umum kepadatan arus lalulintas antara lain jalan Pattimura, jalan tenaga, jalan Bintan, jalan Budi kemuliaan, jalan cempedak dan sejumlah ruas jalan lainnya.

Antusias masyarakat mengikuti pawai takbir bukan hanya anak anak muda malah terlihat juga orang orang tua membawa anak dan istri mereka ikut berkeliling kota menyaksikan kemeriahan malam takbiran tersebut.

Disisi lain, masih berita yang sama, Untuk mengantisipasi kemacetan arus  lalulintas terpantau sejumlah petugas dikerahkan di setiap persimpangan jalan,seperti polantas dan sejumlah petugas Polresta Dumai ikut mengatur arus lalulintas,termasuk petugas dinas perhubungan dan puluhan petugas Satpol PPP.

Mereka menutup sejumlah jalur lalulintas di setiap persimpangan menjadi satu jalur untuk menghindar dari kemacetan, seperti bundaran depan polres, bundaran di depan bank Riau Kepri  dan sejumlah bundaran lainnya. Begitu juga jalur berbalik arah atau u turn ditutup sementara.

Ribuan masyarakat dari ujung pelosok kota Dumai turun ke kota Dumai berkeliling kota Dumai sambil mengikuti rombongan pawai takbiran yang dilaksanakan pemerintahan kota Dumai, namun ramai juga warga yang hanya berkeliling kota sambil membeli baju hari raya yang banyak dijual disepanjang jalan jenderal Sudirman dan Sukajadi.

Terpantau juga sejumlah anak anak muda mengikuti konvoi, bingar bingar suara motor mereka menekankan telinga, mereka melaju dalam barisan rombongan konvoi, menyelinap masuk ke celah celah barisan rombongan konvoi tersebut, memang agak terasa kuatir bila beriringan dengan motor mereka, takut tersempet karena mereka berani menyalip di celah celah kerumunan kandaraan tersebut.

Ditempat terpisah, kemeriahan malam hari raya idul Fitri 1440 H, sejumlah tempat ada yang menggelar pawai obor berjalan kaki.

Mereka berarak berjalan kaki mengelilingi lingkungan tempat tinggal mereka, seperti apa yang dilakukan DPD KNPI kota Dumai, bergabung dengan masyarakat tenaga dan warga masyarakat jalan nelayan kelurahan pangkalan sesai juga melaksanakan acara pawai takbir berkeliling kampung.

Diketahui berarak keliling kampung sambil membawa obor sambil merupakan tradisi masyarakat Melayu sejak dahulu kala dan biasanya kegiatan tersebut hanya digelar  masyarakat kampung atau desa. (aba

Mereka mengumandangkan takbir, tahmid dan tahlil mengagungkan kebesaran Allah swt menyambut malam kemenangan. Selama satu bulan ummat Islam terutama orang orang yang beriman melawan hawa nafsu berpuasa disiang harinya, melakukan ritual ibadah sholat tarawih dimalam hari, begitu juga kegiatan membaca Alquran dan ibadah lainnya yang menjadi nilai nilai amal ibadah bagi mereka.