Bang Toha Panen Raya Cabe Rawit


Wasiatriau.com-( Bengkalis) Siapa bilang propesi sebagai petani tidak menjanjikan, jika dikelola secara propesional, tentu akan mendapatkan hasil yang menjanjikan.

Seperti apa yang dilakukan Salah seorang petani cabe parit I desa Api api kecamatan bandar Laksamana kabupaten Bengkalis, Bang Toha yang akrab disapa bang Ujang, panen cabe rawit.Demikian pantauan awak media wasiartiau.com, di kebun cabe bang Toha. Selasa ( 09/08/2019).

Sebenarnya bang Toha itu sudah dua hari melakukan kegiatan panen raya cabe rawit tersebut, untuk melaksanakan panen cabai rawit yang ditanamnya, terpaksa dibantu beberapa orang, kenapa tidak, sebab buah cabe yang sudah masak di pohon harus segera dipetik, jika terlambat dipanen buah cabe itu akan busuk dibatang.

Sementara areal kebun cabe yang digarap bang Toha lumayan luas, sekitar 1 ha, dan membutuhkan sejumlah tenaga kerja untuk memanenkan cabe rawit tersebut.

Beliau menyebutkan baru mau mulai panen ” Alhamdulillah jika kita lihat dari kondisi pohon dan buah cabenya, pruduksi panen insyaallah dapat mencapai target “. Ujar bang Ujang.

Beliau mengatakan bahwa tahun ini coba menanam cabe rawit,karena setelah dilihat dari kondisi, minat pasar serta kebutuhan masyarakat terhadap cabe itu sendiri. Kata bang Ujang menjelaskan.

Diketahui selama ini propesi bapak paruh baya tersebut petani cabe, namun beliau lebih cenderung menanam cabe merah dari pada cabe rawit.

Seperti pada tahun 2018 yang lalu, beliau menanam cabe merah panjang, dan malah beliau menanam cabe merah beberapa tempat.Sedangkan luas setiap tempat ada satu hektar dan memerlukan tenaga kerja minimal sebanyak 5 orang.

Diketahui pada tahun 2017 yang lalu, bang M.Toha menggelar panen raya cabe merah panjang yang langsung diresmikan bupati Bengkalis diwakili oleh dinas pertanian dan didampingi Camat Bandar Laksamana,  Kepala Desa Api api kecamatan Bandar Laksamana, kabupaten Bengkalis.

Berdasarkan pantauan, Disela sela panen raya cabe rawit tersebut, masih sempat ia melayani pengunjung yang datang ingin membeli cabe yang sedang dipanen. Harga cabe rawit 1 kilo gram sekitar 45 ribu rupiah. ( aba )