Bea Cukai Ringkus 2 Pengedar Sabu Warga Rupat


Wasiatriau.com-(DMI) Maraknya peredaran narkotika menjadi perhatian masyarakat Dumai. Pasalnya dalam bulan Juli tahun 2019, ratusan kg sabu dan ratusan ribu pil ekstasi diciduk instansi terkait.

Seperti apa yang diberitakan oleh sejumlah media, bea cukai Dumai berhasil menciduk dua orang pengedar narkotika jenis sabu dan ekstasi.Selasa pagi(23/07/2019) pukul 6.00 wib.

Diketahui setelah berhasil mengungkap puluhan kilo ganja kering beberapa waktu lalu, Kantor Pelayanan Kantor Pengawas dan Penindakan Bea Cukai (KPPBC) Dumai bersama tim gabungan kembali berhasil menggagalkan penyelundupan puluhan kilo narkotika jenis sabu.

Bukan hanya narkotika jenis sabu saja yang berhasil diamankan petugas, melainkan puluhan ribu butir pil ekstasi turut diungkap bersama dua orang pelaku di Perairan Tanjung Jering, Rupat.

Kepala KPPBC Dumai, Fuad Fauzi mengatakan, penangkapan ini berhasil mengamankan dua pelaku masing-masing berinisial SL(29) dan MR(22) warga Rupat, Bengkalis dengan barang bukti diduga narkoba jenis sabu 27, 650 kg dan 20 ribu butir pil ektasi.

“Saat penangkapan tim gabungan, Bea Cukai, Pomal, Satpolair Polres Dumai sempat terjadi kejar-kejaran bahkan mengeluarkan tembakan peringatan terhadap pelaku. Setiba di lokasi pelaku dengan menggunakan speedboat berhasil kita amankan,” ujarnya.

Saat dilakukan penggeledahan terhadap kapal tersebut, lanjut Fauzi menjelaskan ditemukan 1 buah tas yang berisikan 29 bungkus diduga narkotika jenis sabu dan 20 ribu pil ektasi yang terdapat didalam speedboat itu.

“Diduga keduanya berperan sebagai kurir. Barang haram ini berasal dari Malaysia dengan tujuan Indonesia masuk melalui Rupat,” jelasnya.

Kini,kedua pelaku bersama barang bukti telah diamankan di Kantor Bea Cukai Dumai dan akan diserahkan ke pihak Polres Dumai untuk tindak lebih lanjut Keduanya bakal dijerat dengan pasal 113 ayat 1 dan 2 Undang-undang No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati.

Ditempat terpisah, beberapa hari yang lalu TNI Angkatan Laut Dumai juga berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika jenis ekstasi dan sabu. ( aba )