Dinas Ketahanan Pangan Bengkalis Gelar Lomba Cipta Menu B2SA


Wasiatriau.com ( Bengkalis ) – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis menggelar lomba cipta menu festival pangan lokal Beragam, Bergizi, Simbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Bengkalis, Kamis 25 Juli 2019, bertempat di halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Bengkalis jalan Antara Bengkalis.

Peserta lomba cipta menu/festival pangan lokal B2 SA ini diikuti oleh tim Penggerak PKK 11 Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis dengan jumlah peserta sebanyak 44 orang.

Kegiatan lomba cipta menu pangan dan sosialiasi pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman itu berdasarkan, surat keputusan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis tentang penunjujukan panitia pelaksana, tim juri dan peserta lomba cipta menu (festival pangal lokal) B2SA Nomor:904/KPTS/DKP-KKP/VII/2019/14 tanggal 1 Juli 2019.

Dalam laporan Ketua Panitian Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis melalui Kepala Bidang Konsumsi dan Ketahanan Pangan Susy Hartati mengatakan, tujuan lomba tersebut untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menerapkan prinsip beragam, bergizi, seimbang dan aman atau B2SA dengan memanfaatkan olahan pangan lokal.

Kemudian mendorong percepatan penganekaragaman pangan dengan memasyarakatan keluarga untuk mengkonsumsi aneka raga jenis pangan dengan porsi seimbang ( menu disajikan dalam bentuk Lunchbox B2SA). Dan mendorong kereativitas dan inovasi dalam mengembangkan olahan pangan lokal yang bernilai tinggi.

Susy juga menjelaskan, dewan juri yang  sudah ditetapkan sejumlah tiga orang yaitu, dari Dinas Ketahanan Panggan Provinsi Riau, Tim Pengerak PKK Provinsi Riau dan Tata Boga Indonesia Chef Assosiation (ICA) Provinsi Riau.

Sambung Susy pemenang lomba cipta menu festival pangan lokal B2SA tingkat Kabupaten Bengkalis akan menerima hadiah juara I Rp. 4000.000, juara II Rp. 3500.000 dan juara III Rp. 3000.000.

Dan bagi peserta yang tidak mendapatkan juara akan menerima uang pembinaan masing-masing sebesar Rp. 500.000.

Kata Susy, bagi menu terbaik pada lomba ini akan mewakili Kabupaten Bengkalis keajang festival pangan lokal tingkat Provinsi Riau. ( Rilis Diskominfo Bengkalis) aba