H. Zulkarnaen Noerdin,SH.MH Bacakan Riwayat Gubernur Riau Saat Helat Penambalan Setia Amanah


Wasiatriau.com – Lembaga Adat Melayu Riau ( LAMR ) Provinsi Riau hari ini Sabtu (08/07/2019) menggelar helat penambalan Datuk seri setia amanah dan timbalan setia amanah pada gubernur dan wakil gubernur Riau H.Samsuar M.Si dan H. Edi Afrizal Natar Nasution, di Pekanbaru.

Acara sakral adat Melayu Riau berlangsung penuh hikmat.Pasalnya gelar setia amanah diberikan pada pemimpin Provinsi Riau.

Salah seorang petinggi LAMR Provinsi Riau Datuk Seri H. Zulkarnaen Noerdin SH MH diberi amanah untuk membacakan riwayat Gubernur selaku yang diberi setia amanah adat melayu Riau, negeri lancang kuning.

Turut hadir dalam helat akbar adat Melayu Riau tersebut forkompimda Provinsi Riau, sejumlah kepala daerah kabupaten kota se Provinsi Riau, Ketua DPRD Provinsi Riau dan jajarannya. ASN dilingkungan Pemrov Riau.

Turut hadir pengurus LAMR Provinsi Riau, sejumlah pengurus LAMR kabupaten kota se Provinsi Riau,  para tokoh masyarakat, agama dan tokoh budayawan Riau.

Dalam untaian acara Penambalan tersebut Datuk Seri H. Zulkarnaen Noerdin SH MH selaku ketua LAMR Provinsi Riau, ia diberi amanah untuk membacakan riwayat Drs, Samsuar, M. Si dan Brigjen TNI (purn) Edi Afrizal Natar Nasution, Gubernur dan Wakil Gubernur Riau masa bakti 2019-2024.

Prosesi pembacaan riwayat Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tersebut sebelum kedua pemimpin Provinsi Riau dinobatkan sebagai Datuk Seri Setia Amanah,Timbalan Setia Amanah, di balai adat Provinsi Riau.

Diketahui bahwa setiap kepala daerah yang menjabat di Provinsi Riau, baik Gubernur maupun Bupati dan Walikota, secara adat istiadat malayu Riau,melalui Lemvaga Adat Melayu Riau ( LAMR ) dari masing-masing wilayah otoritas lembaga adat Melayu Riau tersebut mendapat gelar penambalan setia Amanah, namun gelar setia Amanah yang diberikan sesuai dengan geografis, potensi dan adat resam daerah masing – masing.

Berdasarkan informasi yang dapat diterima awak media ditempat acara,setelah proses helat akbar selesai diselenggarakan LAMR, sejumlah undangan serta pengurus LAMR melakukan berpoto bersama Gubernur dan wakil Gubernur Riau yang baru

saling bergantian mereka mengabadikan dengan orang nomor satu Provinsi Riau tersebut.

Begitu juga apa yang dilakukan oleh Datuk H. Zulkarnaen Noerdin SH MH, pada helat akbar beliau sempat juga berpoto dengan teman dan kenalan beliau,  seperti dengan kedua tokoh masyarakat Dumai kebetulan berdomisili di Pekanbaru, Ketua Umum Dewan Pengurus Harian ( DPH ) Datuk Seri Syahril Abu bakar, serta dengan Dr. Ikhsan, beliau juga mantan calon Walikota Dumai tahun 2016 yang telah lalu. ( aba )