Perusahaan Swasta Yang Bandel Harus Ditindak Tegas


Wasiatriau.com-Salah seorang tokoh muda kota Dumai Udo Jay menyayangkan sikap sejumlah perusahaan swasta yang berada di kota Dumai terkesan kurang koperatif dengan instansi terkait.

Seharusnya perusahaan yang membandel diberi teguran keras oleh Disnaker, karena bagaimanapun perusahaan tersebut harus taat dengan ketentuan yang berlaku dan menghormati peraturan daerah ( Perda ).

Tambah tokoh muda Dumai itu lagi bahwa pemerintah kota Dumai sudah melakukan sosialisasi kepada para perusahaan terkait Perda tenaga kerja lokal tersebut, namun pihak perusahaan swasta tidak merespon imbauan tersebut. Ujar belaiu nama aslinya Jailani AM.

” Bagi perusahaan swasta yang beroperasi di Dumai membandel, harus ditindak tegas dan diberi sangsi “. Tegas Udo Jay.

Dinas Tenaga kerja dan transmigrasi ( Disnaker Tran ) Kepala bidang tenaga kerja dan pengawasan dinas tenaga kerja kota Dumai Wahyudi. S.SoS yang baru beberapa hari dilantik, menyambut baik atas usulan yang disampaikan oleh salah seorang tokoh muda masyarakat Dumai tersebut.

Terkait  dengan hal tersebut, Kabag tenaga kerja dan pengawasan Disnaker,  Wahyudi. S. SoS yang akrab disapa Yudi,mengimbau kepada para perusahaan swasta yang beroperasi di wilayah Dumai harus melapor kegiatan rutin perusahaan. Terang beliau diruang kerjanya.

Wahyudi menyebutkan laporan kegiatan rutin perusahaan swasta tersebut kepada instansi terkait terutama tenaga kerja. Ujar beliau, Rabu (23/07).

Dengan adanya laporan tenaga kerja yang dilakukan oleh perusahaan swasta secara teratur dan berkala,  sehingga pemerintah kota Dumai melalui Disnaker Dumai dapat mendata jumlah tenaga kerja perusahaan swasta yang beroperasi di kota Dumai.

Selama ini sebagian perusahaan swasta yang ada di kota Dumai tidak melaporkan jumlah tenaga kerjanya, sehingga instansi terkait kesulitan menginventarisir jumlah tenaga yang sudah terserap di perusahaan tersebut.(aba)