PAAR Desa Jangkang Lakukan Persiapan Lomba Tingkat Provinsi


Wasiatriau.com (Bengkalis)- Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Desa Jangkang Kecamatan Bantan melakukan berbagai persiapan demi mendapatkan prestasi terbaik di tingkat provinsi, dikarnakan Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Desa Jangkang akan mengikuti lomba mewakili Kabupaten Bengkalis ke tingkat Provinsi Riau tahun 2019.

Hal tersebut dikatakan ketua Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Desa Jangkang Dian Martinah, Rabu 7 Agustus 2019 di Kantor Desa Jangkang.

Lanjut Dian, saat ini pihaknya sudah melakukan berbagai kegiatan persiapan, yakni dengan melakukan pendataan warga oleh kader PAAR, kemudian Penerapan pembinaan oleh PKK atau kader PAAR Desa Jangkang yg diberikan kepada keluarga binaan, contohnya, pola asuh anak dan remaja pada bidang kesehatan yaitu kebersihan lingkungan rumah dan penanamn toga ( tanam obat keluarga).

sosialisasi PKBN dan pencegahan dan penyalahgunaan narkoba

“Intinya mampu bekerjasama dengan pemerintah desa untuk mewujudkan desa yang memiliki pola asuh anak dan remaja dengan cinta dan kasih sayang yang positif” ujar Dian yang juga Ketua PKK Desa Jangkang.

Adapun kreteria penilaian tambah Dian,  yaitu, jumlah keluarga binaan yg memiliki anak prestasi usia anak sampai 18 tahun, kemudian PKK melakukan binaan baik masalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN), Penyuluhan dan penyalahgunaan narkoba, dan Pembinaan  Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT).

Penerapan gernas, PHBS dan pola asuh anak usia dini

Selanjutnya Pembinaan atau penyuluhan pola asuh anak usia sekolah dan remaja, adanya peran serta pemerintah kabupaten, kecamatan, desa, tokoh masyarakat dan agama, serta pembinaan keagamaan terhadap orangtua binaan dan  anak usia sekolah dan remaja.

Untuk itu, wanita yang akrab disapa Dian ini, meminta dukungan kepada masyarakat, agar PAAR Desa Jangkang bisa meraih prestasi terbaik di tingkat Provinsi Riau.

“ Kami mohon dukungan dan do’a kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis agar PAAR Desa Jangkang dapat menang dalam perlombaan di tingkat Provinsi”kata wanita yang memiliki 3 putra ini.

Pelaksanan hatinya PKK bersama keluarga binaan PAAR dan Dasawisma Desa Jangkang

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril berharap Desa Jangkang Kecamatan Bantan dapat melaju ke Tingkat Nasional. Menurutnya Desa Jangkang dinilai cukup mampu untuk bersaing dengan kabupaten/kota lain di Provinsi Riau.

“Desa Jangkang mewakili Kabupaten Bengkalis karena memang sudah sangat layak dari mulai pola asuh ibu kepada anak mulai dari dalam kandungan hingga remaja,” Jelas Kasmarni.

Sebagai Informasi, Dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ke-47 Tahun 2019, Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis menggelar sejumlah lomba.

Ketua PKK Desa Jangkang menerima hadiah pelaksana terbaik PAAR

Pemenangnya diumumkan saat puncak peringatan HKG PKK tingkat Kabupaten Bengkalis di Balai Kerapatan Wisma Daerah Sri Mahkota, Selasa 23 Juli 2019, dimana Desa Jangkang Kecamatan Bantan sebagai pelaksana terbaik pola asuh anak dan remaja (PAAR). ( Rilis Diskominfo Bengkalis) aba