Pencari Kerja Harus Lampirkan Akte Kelahiran


Wasiatriau.com –  Permasalahan tenaga kerja lokal ( TKL ) kota Dumai yang tidak  kunjung tuntas. Pasalnya semakin banyak masuk investasi mambuka perusahaan di kota Dumai, namun semakin tinggi angka pengangguran.

Diketahui bahwa persoalan tenaga kerja lokal tersebut sudah menjadi isu publik, dan sampai dengan gerakan masyarakat Dumai melakukan aksi unjuk rasa kepada pihak perusahaan, menuntut hak hak anak tempatan agar diberi kesempatan bekerja di perusahaan swasta yang beroperasi di lingkungannya.

Bukan hanya sampai disitu, pemerintah kota Dumai juga pernah mengeluarkan Perda nomor 10 tahun 2004 tentang TKL ( tenaga kerja lokal ) salah satunya tentang pembagian TKL  70 : 30 persen. 70 persen anak tempatan dan 30 persen tenaga kerja teknisi atau skill.

Namun, penempatan tenaga kerja lokal atau tenaga kerja anak tempatan tersebut hingga saat ini tidak berjalan, ada sejumlah perusahaan swasta yang ada dikota Dumai tidak mengikuti amanah Perda tersebut.

Terkait dengan masalah tenaga kerja lokal, salah satu tokoh muda Dumai Jailani AM yang akrab disapa Udo Jay, menyebutkan sangat menyayangkan atas sikap sejumlah perusahaan yang berani membangkang Perda tersebut.

Seharusnya pihak perusahaan beroperasi di kota Dumai, mentaati peraturan daerah tersebut. Karena mereka mencari makan di Dumai, maka harus diprioritaskan pencari Kerja lokal terlebih dari pada merekrut dari luar, sebaliknya hanya mengeruk untung dinegeri orang sementara tenaga kerja lokal diabaikan. Ujarnya.lasannya sudah penuh karena  tenaga kerja di perusahaan swasta diinfor dari luar daerah.

Sedangkan tenaga kerja import tersebut ketika dirazia oleh instansi terkait, mereka semuanya sudah mengantongi KTP Dumai, diduga KTP dengan mudah dikeluarkan oleh instansi terkait.

Tambah Udo Jay lagi mengusulkan kepada pemerintah kota Dumai mengeluarkan perwako tentang penerimaan tenaga kerja di perusahaan swasta harus melampirkan Akte Kelahiran, sehingga dapat membatasi dan memberi kesempatan kepada pemuda lokal bekerja di perusahaan tersebut.(aba)