Warga Resah Bau Busuk, Sampah Menumpuk di TPS


Wasiatriau.com – Persoalan sampah tidak kunjung selesai dikota Dumai.Kenapa tidak sebab, disejumlah tempat penampungan sampah ( TPS ) berserakan mengundang bau tak sedap menyengat.

Seperti apa yang dirasakan masyarakat kelurahan jaya Mukti, merasa resah dengan bau busuk yang menyengat hidung, sebab sampah banyak yang menumpuk tempat penampungan sampah (TPS) yang berada di jalan janur kuning, sekitar kantor dinas sosial  kota Dumai tersebut. Demikian kata salah seorang warga lingkungan.

Malah katanya lagi, sampah tersebut selalu berserak sampai masuk kedalam parit, dan pendudukmengakibatkan aliran air draenase menjadi tersumbat. Jelas beliau yang tidak mau disebutkan namanya.

Sementara TPS tersebut berada disekitar kantor dinas sosial, apalagi disekitar TPS padat penduduk.

Nada yang sama juga disampaikan Jailani A.M yang akrab disapa Udo Jay, kepada awak media, masih banyak sampah yang dibuang warga di sekitar simpang TPI.

Sedangkan TPS yang berada di jalan Wan Amir  pas disimpan TPI sudah dipindahkan ke sekitar simpang dock user kelurahan pangkalan sesai.

Beliau berharap kepada camat, lurah serta ketua RT agar mensosialisasikan kepada masyarakat purnama khususnya warga di sekitar TPS lama, agar tidak membuang sampah di simpang jalan Wan Amir. Tapi diarahkan ketempat TPS yang disediakan oleh dinas terkait, yaitu di simpang dock year. Harap Udo Jay.

Masih ucapan Udo Jay menambahkan, jika warga masih juga membuang sampah di sekitar simpang TPI,tentu berdampak pada pencitraan  kota Dumai itu sendiri,  Sebab jalan Wan Amir tersebut merupakan salah satu jalan pintu masuk ke kota Dumai.

Diketahui bahwa jalan Wan Amir tersebut adalah satu satunya jalan dari pelabuhan penumpang dan pelabuhan Ro-ro Dumai – pulau Rupat menuju ke kota Dumai. Jika sekitar jalan pintu masuk ke kota Dumai tidak steril, tentu dapat merusak keindahan mata memandangnya, terutama bagi orang luar yang baru datang berkunjung ke kota Dumai. Demikian kilah Udo Jay mengakhiri. ( aba )