Kasmarni Amril Dinobatkan Sebagai Warga Kehormatan Masyarakat Sunda Riau


Wasiatriau.com (PEKANBARU)– Kasmarni, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis yang juga istri Bupati Bengkalis Amril Mukminin, mulai hari ini, Ahad, 27 Oktober 2019, resmi jadi warga kehormatan warga Provinsi Riau asal Negeri Pasundan, Jawa Barat.

Penobatan mantan Camat Pinggir ini menjadi anggota kehormatan warga Riau asal Sunda tersebut, ditandai dengan pemberian Kujang. Kujang adalah senjata tradisonal Jawa Barat.

Kujang tersebut langsung diserahkan Ketua Mitra Sunda Riau (Misuri) Provinsi Riau Eyang H.E.M Surachmat kepada Kasmarni.

Kujang itu diterima Kasmarni ketika menghadiri Silaturahmi Akbar Misuri dan Pagelaran Seni Sunda di Anjungan Seni Idrus Tin Tin (Purna MTQ) jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru.

Sebagaimana juga Bupati Amril Mukminin, Kasmarni datang ke perhelatan tersebut memenuhi undangan panitia yang secara khusus juga diberikan untuknya.

Undangan Nomor: 008/PSAM-PSS/MSR-PR/2019 tersebut ditandatangani Ketua Panitia Ade Jaelani dan Ketua Misuri Provinsi Riau Eyang H.E.M Surachmat.

Bersama Bupati Amril Mukminin dan tamu undangan lainnya, Kasmarni tiba di tempat acara sekitar pukul 09.50 WIB.

Selain Bupati Amril Mukminin dan istri Kasmarni, juga hadir Komandan Korem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Mohammad Fadjar MPICT, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, mantan Bupati Siak H Arwin AS, serta Irwasda Polda Riau Kombes H Muhammad Zainul Muttaqin.

Bagi masyarakat Sunda, Kujang lebih dari sekadar bilah-bilah senjata. Kujang kerap diartikan sebagai identitas, jati diri, simbol pemersatu, dan banyak lagi filosofi lainnya.

Dan, jika seorang memegang Kujang, itu maknanya orang tersebut memiliki misi membawa keadilan kemakmuran dan kesejahteraan.

Ucapkan Terima Kasih

Atas pemberian Kujang dan diangkatnya dirinya menjadi warga kehormatan Misuri, Kasmarni mengucapkan terima kasih.

Lebih-lebih yang mendapat Kujang pada kegiatan Silaturahimi Akbar dan Pagelaran seni Sunda tersebut hanya dirinya sendiri.

“Pemberian ini merupakan sebuah kehormatan tak ternilai bagi kami. Hatur nuhun nya, hatur nuhun pisan nya”, ujar Kasmarni yang artinya, “Terima kasih, terima kasih banyak ya”.

Kasmarni berjanji, amanat ini akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Sebagai Ketua Tim Penggerak PKK, kata Kasmarni, dirinya siap bahu membahu membangun daerah ini dengan warga asal Sunda, khususnya yang berdomisili di Kabupaten Bengkalis.

“Utamanya bersama kaum perempuan dan ibu-ibu asal Jawa Barat yang ada di Kabupaten Bengkalis,” pungkas Kasmarni, usai menghadiri kegiatan tersebut.( Rilis Diskominfo Bengkalis) aba