Gerhana Matahari Cincin Tengah Hari


Wasiatriau.com ( DMI ) Gerhana matahari cincin sontak menghebohkan masyarakat Dumai khususnya. Pasalnya berdasarkan informasi, gerhana matahari tersebut tepat melewati daerah Kabupaten Siak. Kamis, ( 26/12/2019 ).

Analisa terjadinya gerhana matahari cincin sekira pukul 12.00 lewat,  namun setelah ditunggu kemunculannya oleh masyarakat yang ingin menyaksikan penomena alam, sekitar pukul 12.06 wib terpantau dengan mata pergeseran bulan menutup matahari.

Melihat kejadian gerhana matahari cincin tersebut, warga yang kebetulan berada di kedai kopi, langsung berhamburan keluar, ada yang mengabadikan gerhana matahari cincin tersebut dengan hp android, mereka sibuk memotrer dan ada juga merekam Vidio.

Namun mereka melihat kelangit kejadian gerhana matahari cincin kawin tersebut tidak dengan mata telanjang, karena takut terkontaminasi radiasi sinar piolet cahaya matahari, kononnya bisa mengakibatkan rabun atau mata dapat menjadibuta. Tapi tanpa sengaja ada juga dari warga melihat langsung, karena tidak ada kacamata penghambat radiasi sinar piolet tersebut, namun setelah melihat kearah matahari, ada yang merasa penglihatannya agak tidak nyaman, merasa penglihatannya agak kabur.

Ditengah kesibukan warga melihat gerhana matahari cincin yang sedang terjadi, sayup sayup terdengar salah seorang dari warga mengumandangkan adzan.

Sementara gambar Kenampakan gerhana matahari cincin itu diambil dari ponsel, tidak terlihat jelas proses gerhana tersebut, agak samar samar terlihat bulan bergerak menutup matahari, dan bulan kembali beredar meninggalkan matahari. Cahaya matahari tampak seperti bulan sabit. Sebab sinar matahari tersebut ditutupi oleh bulan. ( aba )