Ingat Perjuangan Emaknya, Bupati Amril Mukminin Ucapan Selamat Hari Ibu ke-91 Tahun 2019


BENGKALIS — Secara nasional, tanggal 22 Desember, diperingati sebagai Hari Ibu.

Setiap memperingati Hari Ibu, ada sebuah memori puluhan tahun silam yang kembali menjadi terang benderang dalam ingatan seorang Bupati Bengkalis Amril Mukminin. Itulah perjuangan emak atau ibundanya tercinta, Yusni.

Bagi Bupati Amril Mukminin dan ketiga Saudaranya, Khairul Zaman, Al-Azmi (anggota DPRD Kabupaten Bengkalis dari Fraksi Partai Golkar), dan Riki Rihardi (Camat Mandau), Yusni adalah sosok pekerja keras, inspirator, dan motivator bagi mereka sehingga bisa sukses seperti sekarang ini.

Tanpa mengecilkan arti ayahandanya tercinta, menurut Bupati Amril Mukminin, mereka bisa meraih sukses seperti saat ini adalah berkat “sentuhan tangan dingin”, dan doa yang senantiasa dipanjatkan sang ibu kepada Sang Khaliq, Allah swt.

Katanya, sejak orang tua laki-lakinya, M Nur berpulang ke rahmatullah pada tahun 1990, perempuan yang kini berusia 67 tahun itu, bukan cuma menjadi ibu bagi mereka, tapi sekaligus juga seorang ayah.

“Sebagai single parent (orang tua tunggal), perjuangan emak kami sangat berat. Apalagi saat itu kami anak-anaknya, masih kecil. Riki kala itu baru berusia sekitar 5 tahun,” kenang Bupati Amril, Senin, 23 Desember 2019, dengan mata berkaca-kaca.

Di mata Bupati Amril Mukminin, meskipun hanya “orang desa”, perempuan yang melahirkannya di Muara Basung, Muara, 5 Maret 1973 itu adalah sosok yang tangguh.

“Beliau adalah sosok pekerja keras yang senantiasa mengajarkan kami anaknya tentang nilai arti penting kejujuran dan keadilan. Dengan segala keterbatasan, beliau selalu mengingatkan arti penting pendidikan untuk meraih kesuksesan bagi kami putra-putranya,” kenangnya.

Hal itu pula, sambung mantan Kepala Desa Muara Basung dan anggota DPRD Kabupaten Bengkalis 3 periode ini yang kini diajarkan kepada ke-5 buah hatinya. Lebih-lebih kepada kedua putrinya.

Di bagian lain, melalui peringatan Hari Ibu ke-91 tahun 2019 ini, selain kepada ibunda tercinta, Bupati Amril Mukminin juga mengucapkan Selamat Hari Ibu kepada ibu-ibu, kepada kaum perempuan yang ada di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Dikatakannya, potret Kabupaten Bengkalis dan juga Indonesia di masa depan, adalah potret yang turut dibentuk dan ditentukan oleh kaum perempuan, oleh para ibu.

“Pembentuk generasi yang cemerlang di suatu daerah dan juga bangsa, sangat tergantung pada ibu. Melalui pola asuh dan waktu yang relatif lebih banyak bersama anak-anak, ibu adalah orang pertama dan utama yang menentukan potret kesuksesan putra-putrinya,” jelasnya

Oleh sebab itu, melalui peringatan Hari Ibu tahun 2019 ini, suami Kasmarni ini mengajak ibu-ibu di daerah ini, tidak terkecuali para single parent, untuk dapat menjadi pendidik, inspirator, dan motivator terbaik bagi kesuksesan buah hati mereka.

“Selamat Hari Ibu tahun 2019. Melalui peringatan Hari Ibu ke-91 ini, kami mengajak seluruh perempuan di daerah ini, khususnya para ibu untuk menjadi perempuan yang berdaya. Menjadi perempuan yang maju untuk Bengkalis Maju dan Indonesia Sejahtera,” ajak Bupati Amril Mukminin yang selalu pamit dan mencium tangan ibunya ketika hendak menjalan aktivitas kesehariannya. ( Rilis Diskominfo Bengkalis ) aba