Dampak covid -19 Harga Getah Turun Lagi 6.500 per Kg, Petani Karet Menjerit


Wasiatriau.com ( Rohil )Ditengah wabah Covid -19 Melanda Negeri ini Masyarakat petani karet  Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir menjerit. Pasalnya anjloknya harga getah karet saat ini hanya tinggal Rp.6.000 sampai 6.700 , per kilogram di pasar senin Sintong Makmur dan pasar manggala 25,  pada tanggal 23 Apri 2020.

Dari pantauan wartawan di lapangan masyarakat petani karet mengeluh, karena 1 kilo gram getah hanya Rp 6.500 s/d 6.700 di beli oleh agen getah lokal yang setiap minggu membeli getah.
.
Salah seorang Petani karet Dahlan (60) saat di kompirmasi, kami masyakat kecil ini tak bisa berbuat banyak dengan harga 6.500 /kg ,kami hanya pasrah , Pemetintah tak mau tau nasip kami” . Ujar kakek tersebut.

Saat salah seorang Agen getah GT dan SDT di komprmasi, Kamis 23 April 2020″ kami membeli getah di lapangan sesuai dengan harga di Remeling, kalau harga di pabrik turun mau tidak mau dilapangan kami turunkan dan saat situasi seperti ini pabrik sering tutup“. ujarnya pada awak media.

Kuarangnya pengawasan dari pemerintah sehingga di manfaatkan oknum tertentu untuk memainkan harga karet di saat wabah corona ini.

Pemerintah kabupaten Rokan hilir melalui Dinas perdagangan Rohil, belum dapat di konfirmasi saat berita ini diterbitkan.(H Hendri Rambe)