Dinas Perkim Menggagalkan Percobaan Pencurian Kabel Listrik PJU jalan batu bintang


Wasiatriau.com ( DMI) Kabid kawasan permukiman dinas Perkim Wahyudi. S. Sos berhasil menggagalkan dugaan percobaan pencarian jaringan kabel listrik penerangan jalan umum ( PJU ) di jalan batu bintang, Senin sore ( 29/06/2020).

Wahyudi.S.Sos menceritakan pada awak media, berawal dari salah seorang petugas lapangan mau pulang kerumahnya, ketika melewati jalan batu bintang, sekitar pukul 17.30 wib, terlihat kabel listrik JPU tersebut putus dari tiang listrik yang terpasang PJU, dan petugas itu langsung menelpon beliau. Ujarnya.

Ketika beliau turun ke lokasi bersama Udo Jay tokoh pemuda purnama, kabel listrik JPU yang mau dicuri oleh orang yang tidak dikenal masih tergeletak diatas tanah. Ujar Wahyudi. S. Sos yang akrab disapa Yudi.

Berdasarkan pantauan di lokasi, terlihat kabel listrik PJU yang putus baru satu tiang masih tergeletak di atas tanah disamping tiang listrik yang terpasang PJU tersebut.

Menurut Kabid kawasan permukiman dinas Perkim kota Dumai Wahyudi. S. Sos kabel listrik PJU baru dipasang beberapa hari lalu. Katanya.

” Sudah tiga kali kabel listrik PJU di jalan batu bintang ini dicuri mailing, dan ini pemasangan yang keempat kalinya,”. Sebut beliau agak sedikit kesal melihat kejadian sering hilangnya kabel listrik penerangan jalan umum tersebut.

Beliau menambahkan ” lampu yang sudah terpasang di jalan batu bintang sebanyak 12 lampu dari 26 titik “. 

Pencurian kabel listrik penerangan jalan umum ( PJU ) memang marak terjadi di kota Dumai, seperti apa yang disampaikan Wahyudi. S. Sos, belum lama ini kabel dan lampu PJU di jalan lintas Dumai Pekanbaru, pas didepan Manggala igna, sepanjang 7 tiang listrik atau tujuh gawang (red) hilang di gasak orang yang tak dikenal. Sebutnya.

Beliau berharap kepada semua pihak agar ikut berperan serta mengontrol lampu PJU di jalan batu bintang ini,karena penerangan jalan umum ini merupakan tanggung jawab bersama untuk menjaganya, jika jalan batu bintang ini gelap, terutama di sekitar jalan simpang patra niaga sampai simpang TPI, tentu membahayakan masyarakat yang melintas, karena rawan kecelakaan. Terang Yudi.

Tanggapan yang sama juga disampaikan salah seorang tokoh pemuda purnama Jailani.A.M, beliau menyarankan kepada masyarakat purnama dan siapa saja yang kebetulan melihat gerak gerik orang yang tidak dikenal mencurigakan di sekitar tiang listrik dan atau ada orang yang mempreteli penerangan lampu jalan ini, namun orang tersebut tidak mengenakan seragam PLN atau dinas Perkim, dan atau tidak memakai kandaraan perusahaan PLN dan atau dinas terkait, diharapkan dapat menghubungi dinas terkait, dan atau polisi yang terdekat atau siapa saja petugas yang dikenal, agar pencurian kabel listrik PJU di kota Dumai tidak terulang kembali. Saran Jailani.A. M yang akrab disapa Udo Jay.

Tidak lama berselang, sekitar pukul pukul 22.00 lebih, senin (29/06) malam,ditempat  yang sama, jalan batu bintang, orang yang tak dikenal kembali mengulangi pencurian kabel listrik PJU tersebut. Untung saat itu  udo Jay bersama istrinya kebetulan mau ke kota melewati jalan tersebut, nampak orang yang tak dikenal sedang memanjat tiang listrik tersebut, langsung orang yang tak dikenal lari masuk kedalam kebun ubi ke arah laut. Ujar tokoh muda purnama itu pada awak media.

Melihat kejadian percobaan pencarian itu, beliau langsung menghubungi Wahyudi. S. Sos Kabid kawasan dan permukiman dinas Perkim dan beliau juga menghubungi beberapa orang pemuda purnama. Kata udo Jay menerangkan kejadian percobaan pencarian tersebut.

Menurut beliau, saat melintas jalan batu bintang, lampu listrik PJU mati, makanya timbul rasa kecurigaannya, ternyata pas melewati jalan tersebut sambil melihat lihat di sekitar tiang listrik yang terpasang lampu, disaat itulah beliau dan istrinya melihat orang yang tak dikenal memanjat tiang listrik tersebut. Terang beliau.

Wahyudi. S. Sos dan bersama sejumlah pemuda purnama saat tiba di lokasi, cuba melacak di dalam kebun ubi di areal patra niaga dock, namun tidak menemukan suspect mencurigakan.

Akibat kejahatan percobaan pencarian PJU yang dilakukan orang yang tidak dikenal tersebut,lampu PJU yang dipasang di jalan batu bintang mati, karena kabel listrik PJU putus, namun belum berhasil dibawa oleh pencuri.

Untuk sementara kabel listrik PJU yang putus tersebut dinamakan oleh petugas dinas Perkim. ( aba )