Kelompok Mekar Mandiri Sukses Bangun Pintu Air Kanal Desa Kelebuk


Wasiatriau.com ( Dumai ) Kreativitas anak anak muda yang tergabung kelompok mekar mandiri desa Kelebuk dusun karang sari boleh diacungkan jempol. Kenapa tidak, secara swadaya mereka telah sukses membuat skat atau pintu air Kanal Desa Kelebuk.

Ketua kelompok mekar mandiri yang akrab disapa Ade tersebut bersama dengan para pengurus yang terdiri anak anak muda berhasil membangun pintu air Kanal, beberapa waktu yang lalu.

Meskipun dengan cara sederhana dan peralatan seadanya, tapi manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat desa Kelebuk khususnya dusun karang sari itu sendiri.

Salah satu fungsi dari skat kanal tersebut untuk menjaga kelembaban lahan serta menghambat aliran air Kanal terutama air kiriman disaat musim hujan dari tempat lain. Begitu juga fungsi pintu air kanal tersebut untuk mengatur aliran air Kanal agar tidak mengering saat musim panas.

Kreativitas generasi muda kelompok Mekar mandiri tersebut dapat dijadikan proyek percontohan bagi kelompok lainnya dalam hal aktivitas yang positif dan membangun,

Kepedulian kelompok mekar mandiri untuk menjaga lingkungannya bukti karya nyata mereka berperan aktif ikut berpartisipasi menyumbangkan kontribusi yang terbaik untuk dusun mereka dan hasilnya dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Sebagai informasi bersama bahwa,  Bahan yang digunakan untuk membuat skat kanal ialah kayu gelam yang berukuran 4 cm dan papan Meranti, ” Skat kanal berpungsi sebagai pelembaban tanah gambut sekaligus untuk menahan air agar musim kemarau air masih ada di kawasan itu,” ujar ade

Tambah ade Ade lagi melanjutkan, agar terhindar dari kebakaran, Kegiatan ini di bentuk pada tahun 2016 melalui Perpres nomor 1 yang fungsinya merestorasi lahan gambut yang terbakar di 17 propinsi yang ada di indonesia target restorasi terbesar 2 juta ha dalam jangka 5 tahun

Ketua kelompok mekar mandiri Ade juga berharap, agar kegiatan yang mereka lakukan tersebut mendapat dukungan dari semua pihak, seperti bimbingan dan dukungan moril kelompok Mekar Mandiri, terutama pemerintah daerah kabupaten Bengkalis, sehingga karya bakti yang telah dilakukan kelompok tersebut menjadi lebih sempurna lagi dimasa akan datang. Demikian Harap Ade mengakhiri . ( aba )