Dinas Perindag Kota Dumai Apresiasi Kegiatan Bazar Kuliner PPJI Dumai


WR (Dumai) Bazar kuliner yang digelar oleh perkumpulan pengelola jasaboga Indonesia ( PPJI ) kota Dumai, selama tiga hari, secara resmi ditutup. Ahad (22/11/) di wisata bandar bakau, Dumai.

Acara penutupan bazar juga dihadiri kepala dinas perdagangan dan pasar kota Dumai, Zulkarnain,SH, dan sekaligus diminta oleh pengelola bandar bakau menyampaikan kata sambutan. Camat sungai sembilan Panzwir, Pembina wisata bandar bakau Darwis M. Saleh, tokoh masyarakat Dumai Syaripudin, pengurus ppji kota Dumai dan sejumlah pengurus Pokdarwis bandar bakau serta komunitas pecinta hewan kota Dumai.

Disela sela kata sambutan penutup bazar, kepala Dinas perdagangan dan pasar kota Dumai, Zulkarnain,SH,  mengucapkan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan bazar yang ditaja oleh ppji kota Dumai,

Terobosan yang dilakukan perkumpulan pengelola jasaboga Indonesia ( PPJI ) kota Dumai merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan dan melestarikan produk lokal yang dikelola oleh anak Dumai,

Beliau menyarankan, agar kegiatan ini lebih ditingkatkan lagi, dan setiap produk harus mencantumkan lebel halal,  bekerja sama dengan BPOM. Saran kadis perindag dan pasar mengakhiri.

Camat sungai sembilan, disela sela kata sambutannya menyampaikan, bahwa beliau juga telah menyiapkan tempat untuk produk UMKM dari kecamatan sungai sembilan, ujarnya

Kebetulan beliau juga memiliki lapak dalam kawasan wisata bandar bakau, didalam gerainya telah disediakannya steling khusus untuk mempromosikan produk dari sungai sembilan,

” ibuk ibuk silakan gunakan tempat saya itu untuk menjual produk makanan ringan, maupun kerajinan tangan dari sungai sembilan “. Saran camat sungai sembilan.

Begitu juga yang disampaikan pembina kelompok sadar wisata ( Pokdarwis ) bandar bakau, yang bergelar Datuk bandar bakau, menyampaikan bahwa kawasan wisata bandar bakau merupakan salah satu wilayah wisata, namun di kawasan wisata bandar bakau agak sedikit berbeda dengan wisata tempat lainnya, karena area wisata bandar bakau ada beberapa jenis wisata, seperti wisata kuliner, wisata hutan bakau, wisata Edukasi dan wisata pantai,

” Alhamdulillah selama tiga hari bazar kuliner yang dilaksanakan perkumpulan  pengelola jasaboga berjalan sukses, dan hari ini, bazar kuliner resmi saya tutup,” ujar Darwis mengakhiri.

Diketahui bahwa,Acara bazar berlangsung selama tiga hari mulai, hari Jumat sampai dengan hari Minggu, tanggal 20 s/d 22 November 2020, kegiatan bazar tersebut berlangsung sukses. Kenapa tidak, ramai pengunjung yang datang berwisata ke wisata bandar bakau menyambangi stand bazar tersebut. Bukan hanya pengunjung lokal, malah pengunjung dari luar daerah, seperti dari Pekanbaru, kampar dan daerah lainnya.

Tidak sedikit juga para pengunjung bazar menenteng produk bazar sebagai oleh oleh dibawa pulang dari wisata bandar bakau.

Berbagai jenis produk yang ditampilkan, seperti makanan ringan, minum’ tradisional Melayu, kerajinan anyaman lidi sawit dan sampai dengan menu makanan.

Namun yang lebih menyemangati acara bazar tersebut, ketika kandidat wako dan Wawako Dumai juga ikut mengunjungi bazar kuliner, seperti apa yang dilakukan calon wakil walikota nomor urut satu, Dr. Rizal Akbar, S. Si, M. Phil, Ahad sore ( 22/11/2020 ) beliau bersama rombongan menyambangi bazar tersebut, bukan hanya berbelanja produk anak Dumai, tapi beliau turut serta berpartisipatif menyampaikan pesan agar masyarakat Dumai membeli produk anak Dumai, ucapan beliau sambil diabadikan oleh beberapa media lokal.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Setelah bazar ditutup, namun pengunjung masih banyak yang mau berbelanja, malah produk kerajinan ayaman dari lidi sawit ramai yang berminat, sampai pesan untuk beberapa lusin, seperti ayaman tempat nasi, tempat buah buahan.