Panglimo Gedang : Lestarikan Masakan Khas Melayu, Saat Kunjungannya Acara Bazar UMKM PPJI kota Dumai


WR ( Dumai ) Dimasa pandemi Covid 19 kota Dumai, merupakan masa sulit yang dirasakan rakyat Indonesia, khususnya masyarakat kota Dumai.

Masyarakat kota Dumai merasakan bagaimana sulitnya perekonomian saat ini,hampir seluruh masyarakat berharap masa pandemi Covid-19 segera berlalu.

Banyaknya tingkat pengangguran dan merosotnya roda perekonomian berdampak pada masyarakat dalam mencari nafkah.Salah satu contoh dengan tertundanya setiap kegiatan baik dalam kota maupun luar kota.

Dengan segala harga jual beli yang tinggi dan serba mahal menjadikan masyarakat mengeluh.

DPC PPJI kota Dumai bekerja sama dengan Genpi (Generasi Pesona Indonesia) serta Pengelola Wisata Bahari Hutan Bandar Bakau kota Dumai berkolaborasi dalam pelaksanaan kegiatan Bazar UMKM kota Dumai.

Kegiatan bazar UMKM yang di laksanakan oleh DPC PPJI kota Dumai,menyajikan berbagai masakan kuliner khas melayu.
Berbagai sajian kuliner maupun kue khas melayu dapat ditemukan di bazar UMKM yang diselenggarakan mulai hari Jum’at sampai Minggu(20-22/11/2020)

Terdapat beberapa menu khas melayu seperti bubur lambok,Wajik kelapa,Labu Kebaya,Bolu Kemojo Labu,air es selasih kasturi,berbagai cita rasa donat,ayam penyet jeletot,onto seno,rendang pucuk ubi,Asidah,kripik pario krispi dan lain sebagainya.

Panglimo RMB-LHMR(Rumpun Melayu Bersatu-Laskar Hulubalang Melayu Riau) kota Dumai Haji Awaluddin yang biasa di sapa dengan haji Gedang didampingi oleh Divisi Keuangan Yopi Syaputra dan Divisi Infokom Doni Yuza Rozak,sangat mengapresiasi gagasan DPC PPJI kota Dumai dengan menggelar Bazar UMKM bagi pengurus maupun member yang tergabung di PPJI,serta berikan dukungan agar tetap melestarikan makanan khas melayu,juga acungan dua jempol Pada pengurus DPC PPJI kota Dumai yang di ketuai Oleh Shinta Duga beserta pengurus.

Bazar UMKM ini,sangat baik dan bermanfaat , selain bisa dirasa, dibeli dan bahkan di rasa,mengajarkan kita untuk mengenal kembali budaya masakan khas melayu yang hampir punah.apalagi oleh para generasi khususnya kaum pemuda pemudi hanya sebagian saja yang kenal dengan kuliner khas melayu,ujar Haji Gedang.

Maka dari itu dengan di gelarnya bazar UMKM ini,kita bisa melihat,menemukan bahkan merasakan kuliner khas melayu, seperti bagaimana rasanya bubur lambok, apa itu kepurun dan lain sebagainya terang Haji Gedang.

Sembari berakhir pekan menikmati indahnya Wisata Bahari Hutan Bandar Bakau serta Sambutan Genpi juga menikmati Kuliner yang tersedia di bazar, serasa hidup kembali dan dekat bahwa budaya khas melayu masih tetap ada, dengan semangat dan mensuport kegiatan Bazar UMKM ini.Karena dengan digelarnya kegiatan bazar ini juga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat serta menjadi income juga,tutur Haji Gedang.

Sambil menikmati kuliner khas Melayu,Haji Gedang menyampaikan kepada masyarakat khususnya pengunjung untuk tetap membudayakan dan melestarikan budaya melayu dan jangan sampai budaya tersebut hilang karena kemajuan zaman.

Mari bersama sama melestarikan,menjaga serta membudayakan masakan kuliner khas daerah kita Melayu karna melayu tak akan hilang di telan bumi dan semoga DPC PPJI kota Dumai tetap maju,sukses dan berkembang dengan berbagai program dan inovasi untuk kedepannya ujar Divisi Infokom Doni Yuza Rozak menambahkan.(Rawiyah)